Ini 4 bahan alami yang bisa Anda jadikan obat ketombe

Kamis, 23 September 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 bahan alami yang bisa Anda jadikan obat ketombe

ILUSTRASI. Obat ketombe perlu Anda gunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya pemilik rambut berminyak, ketombe juga bisa muncul pada pemilik rambut dan kulit kepala kering. Untuk mengatasinya, ada banyak obat ketombe yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami.

Pertama, cobalah untuk memakai minyak kelapa secara teratur. Jenis minyak itu efektif mengatasi ketombe pada kulit kepala yang kering. Selain itu, memakai minyak kelapa juga bisa mengobati eksim atau jenis peradangan kulit kepala yang lain.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut. Beri sedikit pijatan supaya minyak kelapa bisa terserap maksimal. Diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya. Selain minyak kelapa, tentu saja masih banyak bahan lain yang bisa Anda pakai.

Lidah Buaya

Kama Ayurveda (kamaayurveda.com) merekomendasikan lidah buaya sebagai cara menghilangkan ketombe. Terlebih bagi Anda yang juga memiliki maslaah kulit yang lain, seperti psoriasis.

Antibakteri yang terdapat dalam lidah buaya mampu menenangkan kulit kepala. Dengan begitu, ketombe pun bisa Anda hilangkan. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya secara rutin. Memakai produk yang mengandung lidah buaya juga bisa Anda coba.

Baca Juga: Rasa gatal hilang, cek 4 cara menghilangkan ketombe ini

Cuka Apel

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa dipakai sebagai obat ketombe, maka tak ada salahnya untuk memilih cuka apel. Selain menyeimbangkan pH kulit kepala, kandungan dalam cuka apel pun efektif membersihkan sel kulit mati.

Lemon

Cara mengobati ketombe lainnya yang disarankan Kama Ayurveda adalah dengan memakai lemon. Zat asam yang terdapat dalam lemon efektif melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Tak hanya itu, lemon juga efektif mengurangi produksi minyak di kulit kepala.

Pertama, aplikasikan air perasan lemon pada rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa menit lalu siram kepala Anda dengan segelas air yang dicampur dengan 1 sdt lemon. Usahakan untuk melakukan langkah tersebut dua kali dalam seminggu supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

Baca Juga: Jangan panik, ini 4 cara menghilangkan kutu rambut

Baking Soda

Salah satu manfaat baking soda adalah dipakai sebagai obat ketombe.

Tahukah Anda bahwa baking soda bisa dipakai sebagai obat ketombe? Selain membersihkan ketombe, baking soda juga efektif mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya, aplikasikan baking soda pada rambut basah. Diamkan dulu selama beberapa menit lalu bilas dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Selanjutnya: Atasi rambut rontok dengan 4 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru