Ini 24 makanan pelancar ASI bernutrisi tinggi

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:09 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini 24 makanan pelancar ASI bernutrisi tinggi

ILUSTRASI. Ibu menyusui mengalami masalah ASI terhambat sebaiknya mengonsumsi makanan pelancar ASI bernutrisi tinggi

KONTAN.CO.ID - Ibu hamil dan melahirkan akan secara otomatis memproduksi air susu ibu atau ASI. Nah, selama masa menyusui, tak ada salahnya mencoba makanan pelancar ASI.

Makanan penambah ASI juga sebaiknya dikonsumsi untuk ibu menyusui yang mengalami masalah ASI terhambar. Berikut 24 makanan pelancar ASI sebagaimana dilansir dari laman Nursing Angel:

  1. Ikan salmon: Salmon adalah jenis ikan yang rendah merkuri. Ikan jenis ini juga merupakan sumber Omega-3 dan asam lemak esensial untuk Anda dan bayi. 
  2. Wortel: Wortel memiliki banyak vitamin A yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas dan makanan penambah ASI. Faktanya, minum segelas jus wortel sehari akan sangat meningkatkan suplai ASI Anda. 
  3. Oatmeal: Oatmeal adalah sumber zat besi dan serat yang baik, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk pencernaan Anda dan juga bayi. Sehingga oatmeal bagus sebagai makanan yang memperbanyak ASI.
  4. Bayam: Makanan lain yang kaya zat besi adalah bayam, yang sangat bagus untuk mengisi kembali darah yang hilang saat melahirkan. Bayam juga memiliki banyak kalsium yang baik untuk memperkuat bayi Anda. 
  5. Daun kemangi: Daun kemangi  kaya dengan antioksidan yang bagus untuk sistem kekebalan bayi Anda dan sebagai makanan pelancar ASI. 
  6. Bawang putih: Bawang putih adalah makanan yang bagus untuk dikonsumsi jika suplai ASI Anda tampaknya sedikit karena sangat bagus untuk kesehatan. Sebagai makanan pelancar ASI, cukup konsumsi dua siung bawang putih sehari.
  7. Beras merah: Beras merah memiliki stimulan hormon di dalamnya yang sangat bagus sebagai makanan penambah ASI. Merendam beras semalaman sebelum dimasak juga dapat meningkatkan suplai ASI karena membuat nasi lebih mudah dicerna tubuh, yang memberikan nutrisi lebih untuk si kecil.
  8. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan dan polong-polongan adalah sumber protein yang bagus untuk meningkatkan suplai ASI. Jika Anda khawatir bahwa terlalu banyak kacang akan membuat si kecil kembung, cobalah menumbuknya sedikit sebelum memakannya agar lebih mudah dicerna. 
  9. Asparagus: Asparagus adalah sayuran yang rendah gas, tetapi juga tinggi serat, yang sangat bagus untuk makanan pelancar ASI. Asparagus juga tinggi vitamin A dan K. 
  10. Kacang almond: Kacang almond adalah makanan yang dapat memperbanyak ASI. Kacang ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan bayi Anda, serta kalsium, zat besi, dan Omega-3 sangat bagus untuk meningkatkan produksi ASI.
  11. Ubi jalar: Ubi jalar adalah pilihan yang bagus sebagai makanan pelancar ASI karena merupakan karbohidrat yang sempurna untuk mengisi kembali kalium, energi, dan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh.
  12. Biji jinten: Biji jinten sangat bagus sebagai makanan pelancar ASU. Biji jinten dapat dikeringkan dan ditambahkan ke susu juga jika Anda mau.
  13. Biji adas: Biji adas sangat bagus untuk merangsang ASI. Biji ini juga bagus untuk pencernaan. Adas bisa dijadikan sebagai campuran pada teh hangat.
  14. Jahe: Jahe adalah makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan, tetapi juga sebagai makanan pelancar ASI. 
  15. Pepaya: Pepaya merupakan buah yang memiliki sejumlah manfaat yang berguna, termasuk sebagai makanan penambah ASI. 
  16. Kunyit: Kunyit adalah bumbu yang bagus untuk digunakan saat persediaan ASI Anda rendah. Kunyit juga memiliki sifat antibiotik yang akan menjaga puting agar tidak meradang dan terinfeksi.
  17. Daun adas: Daun adas kaya akan vitamin K, A, C, dan serat, yang sangat bagus untuk membantu menyembuhkan tubuh setelah melahirkan dan meningkatkan produksi ASI.
  18. Kurma: Kurma memiliki banyak kalsium, zat besi, dan potasium di dalamnya, yang menjadikannya sebagai makanan yang bisa memperbanyak ASI. 
  19. Air putih: Saat menyusui, ibu memberikan air yang cukup banyak untuk bayi. Hal ini dapat menyebabkan ibu menyusui sering mengalami dehidrasi, yang akan menurunkan produksi ASI. Untuk menjaga suplai ASI sesuai kebutuhan, pastikan untuk minum banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang.
  20. Biji wijen: Biji wijen adalah pilihan makanan pelancar ASI yang bagus, tetapi juga sangat tinggi kalsium, yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. 
  21. Labu: Labu adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi dan memulihkan suplai ASI yang dibutuhkan bayi. 
  22. Hummus: Hummus adalah pilihan yang bagus untuk ibu yang perlu meningkatkan suplai ASI karena merupakan kombinasi buncis dan bawang putih, yang merupakan dua makanan yang sudah ada dalam daftar ini. 
  23. Aprikot: Aprikot adalah pilihan yang bagus untuk makanan pelancar ASI. Buah ini kaya serat, potasium, dan kalsium, yang bermanfaat bagi bayi, dan membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda untuk menghasilkan susu yang dibutuhkan bayi. 
  24. Daun katuk: Dikutip dari Kompas.com (1/9/2020), daun katuk dengan nama ilmiah Sauropus androgynous (L.) Merr terbukti mengandung karoten cukup tinggi, serta laktagogum yang berguna untuk meningkatkan atau memperlancar produksi ASI.

Selanjutnya: Ini Tanda-Tanda Bayi Lapar dan Ingin Minum ASI

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru