kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 11 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan saat Dikonsumsi dengan Benar


Kamis, 28 September 2023 / 14:40 WIB
Ini 11 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan saat Dikonsumsi dengan Benar


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cek sederet manfaat gula merah untuk kesehatan saat dikonsumsi dengan benar. Pemanis makanan maupun minuman tentu cukup penting untuk menambah cita rasa, termasuk penggunaan gula.

Gula merah, juga dikenal dengan sebutan gula jawa, gula aren, atau gula gondok, adalah jenis gula yang dihasilkan dari nira atau cairan manis yang diekstrak dari batang pohon aren (Arenga pinnata) atau pohon kelapa (Cocos nucifera).

Proses pengolahan nira menjadi gula merah melibatkan pemanasan dan penyaringan untuk menghilangkan air dan meninggalkan gula yang kental.

Gula merah mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Namun, gula merah juga mengandung mineral seperti besi, kalsium, fosfor, dan vitamin B.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Diabetes Hingga Luka Bakar

Gula merah untuk kesehatan

Gula merah memiliki warna yang cenderung gelap, dari coklat muda hingga coklat tua, tergantung pada proses pengolahan. Rasanya manis dengan sedikit rasa karamel atau gurih.

Meskipun gula merah mengandung beberapa mineral dan vitamin, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak karena kandungan gula yang tinggi.

Gula merah dianggap lebih baik daripada gula putih rafinasi karena memiliki lebih banyak mineral dan nutrisi.

Setelah makan, Anda bisa mengonsumsi gula merah untuk melancarkan pencernaan. Anda juga bisa mencampurkannya dengan air lemon hangat untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak dapat membalikkan manfaat kesehatannya. Hanya sepotong kecil gula merah yang perlu dikonsumsi.

Baca Juga: Bisa Turunkan Tensi dan Gula Darah: 7 Manfaat Rosela untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Simak sederet manfaat konsumsi gula merah dengan benar agar mendapatkan dampak yang baik untuk kesehatan dilansir dari Steemit.

Manfaat gula merah untuk kesehatan

1. Membantu kinerja pencernaan

Gula merah mencegah gangguan pencernaan dan makanan ini umumnya dianjurkan bagi penderita sembelit. Mengonsumsinya akan melancarkan proses pencernaan dalam tubuh dan membantu fungsi sistem pencernaan. Jadi ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, konsumsilah gula merah.

2. Membersihkan aliran darah

Konsumsi gula merah memiliki efek positif pada aliran darah dengan memurnikan dan membersihkan darah bila diminum secara teratur. Gula merah juga meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hal ini jelas akan mencegah penyakit akibat kelainan darah.

3. Meredakan gangguan kesehatan saat menstruasi

Gula merah adalah obat alami yang efektif untuk banyak masalah menstruasi. Saat menstruasi, jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi gula merah, efektif meredakan kram saat menstruasi dan sakit perut.

Kandungannya akan membantu memperlancar aliran darah dan membuat Anda merasa nyaman.

4. Mencegah anemia

Kandungan dari gula merah yang kaya akan zat besi dan folat yang dapat membantu mencegah anemia dengan menjaga kadar sel darah merah tetap normal. Gula merah juga menghasilkan energi dan mencegah kelelahan serta kelemahan tubuh yang merupakan gejala umum anemia.

5. Mencegah gangguan sistem saraf

Gula merah mengandung bahan alami yang membantu melancarkan fungsi sistem saraf. Gula merah juga membantu mencegah masalah besar yang berhubungan dengan sistem saraf.

Dengan konsumsi lewat takaran yang aman, tentu ini dapat membantu individu untuk tetap normal dan sehat.

6. Mencegah masalah pernapasan

Konsumsi gula merah secara rutin dapat membantu mencegah masalah pernafasan seperti asma dan bronkitis. Pakar kesehatan menyarankan memasukkan gula merah dengan biji wijen mungkin bermanfaat bagi sistem pernapasan. Gula merah mengandung khasiat yang membantu mengatur suhu tubuh.

7. Mengandung antioksidan

Gula merah mengandung antioksidan, terutama selenium yang membantu mencegah efek radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat menunda tanda-tanda penuaan.

Campuran gula merah dengan teh atau air hangat akan mengobati pilek dan batuk serta menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

8. Meredakan nyeri sendi

Apabila Anda menderita nyeri sendi, gula merah dapat cukup bermanfaat. Menurut para ahli, mengonsumsi gula merah dengan sepotong jahe akan membantu meredakan nyeri sendi.

Anda bisa minum segelas susu hangat dengan satu sendok makan gula merah juga akan membantu menguatkan tulang.

9. Meningkatkan kekebalan

Gula merah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dan kandungannya akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, maka kecil kemungkinannya untuk tertular dan terserang penyakit.

Kandungan Gula merah terkait zinc dan selenium bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas akibat stres oksidatif.

10. Membantu mengatasi masalah kencing

Gula merah bersifat diuretik alami dan membantu merangsang buang air kecil, yang sebenarnya baik bagi orang yang kesulitan buang air kecil. Gula merah juga dapat membantu menurunkan peradangan pada kandung kemih.

Para ahli merekomendasikan minum susu panas gula merah untuk mengatasi masalah kencing dan ini meningkatkan aliran urin.

11. Meningkatkan kualitas sperma

Lewat konsumsi gula merah yang dicampur bubuk amla dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Gula merah diketahui dapat meningkatkan produksi sperma dan juga membantu mengurangi masalah kelemahan tubuh serta mencegah masalah kencing pada pria.

Penting untuk mengonsumsi gula merah dengan porsi yang tepat sesuai dengan pedoman kesehatan dan memasukkannya ke dalam pola makan seimbang. 

Demikian informasi terkait manfaat gula merah untuk kesehatan yang wajib diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×