Ingin tubuh lebih sehat? Yuk, coba 5 cara cepat tidur ini

Senin, 01 Maret 2021 | 08:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin tubuh lebih sehat? Yuk, coba 5 cara cepat tidur ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara cepat tidur yang bisa Anda praktikkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Susah tidur merupakan salah satu kondisi yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, cobalah untuk mempraktikkan beberapa cara cepat tidur. Dengan begitu, Anda bisa mendapat waktu tidur yang sesuai dengan kondisi Anda.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Dengan mengidentifikasi penyebabnya, Anda dapat lebih mudah untuk tidur. Namun, jika Anda kesulitan untuk mengetahui kondisi Anda sendiri, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk melihat kondisi Anda. Bisa jadi susah tidur adalah tanda adanya suatu penyakit yang membutuhkan perawatan medis. Sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara berikut.

Matikan Alat Elektronik

Cara cepat tidur pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan alat elektronik sebelum jadwal tidur. Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), jangan memakai handphone, tab, atau TV 30 menit sebelum tidur.

Cahaya biru atau blue light yang terpancar dari alat elektronik akan membuat rasa kantuk hilang sehingga tubuh tetap terjaga. Jika Anda benar-benar tidak bisa tidak menggunakan alat elektronik sebelum tidur, usahakan untuk memakai kacamata anti radiasi cahaya biru.

Baca Juga: 5 Tips biar tetap segar dan produktif di pagi hari, meski semalaman begadang

Mandi dengan Air Hangat

Cobalah untuk mandi dengan air hangat satu hingga dua jam sebelum tidur. Menurut sebuah penlitian, 36% partisipan yang melakukan hal itu bisa tidur dengan lebih cepat. Kegiatan tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Meditasi

Meditasi jadi salah satu cara cepat tidur yang bisa Anda coba.

Meditasi adalah salah satu kegiatan yang disarankan untuk Anda lakukan sebelum tidur. Jika Anda belum terlalu bisa melakukan meditasi dengan baik, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi yang bisa Anda temukan dengan mudah di gawai Anda.

Baca Juga: Mendengkur? Coba cara sederhana ini untuk menguranginya

Patuhi Jadwal Tidur

Cara cepat tidur selanjutnya yang perlu Anda praktikkan adalah tidur dan bangun di jadwal yang sama. Kebiasaan itu akan membuat jam biologis tubuh terbentuk sehingga seiring berjalannya waktu, kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Olahraga

Byrdie merekomendasikan olahraga supaya Anda bisa tidur lebih cepat. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat. Jika Anda memiliki waktu yang padat, usahakan untuk berjalan selama beberapa menit dalam sehari. Tak hanya membuat tidur lebih cepat, olahraga rutin juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Waspadai 5 gejala Virus Corona ini, salah satunya sulit tidur

Editor: Belladina Biananda
Terbaru