kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin memiliki berat badan ideal? Lakukan 4 hal ini


Jumat, 07 Mei 2021 / 09:26 WIB
Ingin memiliki berat badan ideal? Lakukan 4 hal ini
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat sarapan yang bisa Anda dapat. Salah satunya adalah memiliki berat badan ideal. Model : Citra TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

Pratayang Sabtu, 8 Mei 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari rajin olahraga, memerhatikan makanan yang Anda konsumsi, dan lain-lain.

Ada banyak faktor yang membuat berat badan Anda berlebih. Tidak hanya pola hidup yang kurang sehat, gen dan kondisi kesehatan tertentu juga bisa jadi salah satu alasannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan memberikan berbagai macam saran sesuai dengan kondisi Anda. Namun, biasanya cara-cara yang direkomendasikan dokter tidak jauh berbeda dengan cara-cara di bawah ini. Mulai dari rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan lain sebagainya.

Hindari Makan dalam Porsi Besar

Mengutip dari Teens Health (kidshealth.org), mengonsumsi makanan dalam porsi besar bisa menambah berat badan Anda. Apalagi jika makanan itu dipenuhi dengan kalori. Misalnya, minuman bersoda atau makanan dan minuman dengan pemanis buatan.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman dalam porsi yang lebih kecil. Dengan begitu, sistem pencernaan akan terbiasa sehingga rasa lapar tak mudah Anda rasakan. Selain itu, pilihlah makanan dan minuman rendah kalori, seperti susu rendah lemak atau infused water.

Baca Juga: Ini aktivitas yang bisa membantu menurunkan berat badan

Olahraga

Olahraga tidak boleh Anda lewatkan untuk mendapat berat badan ideal. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesukaan Anda. Semakin berat intensitas olahraga yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang terbakar.

Selain melakukan olahraga secara rutin, cobalah untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Misalnya, memilih menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor, menggunakan tangga daripada eskalator, dan lain sebagainya.

Sarapan

Teens Health mengatakan bahwa ada banyak manfaat sarapan yang bisa Anda dapat. Tidak hanya mengoptimalkan metabolisme, sarapan juga bisa menambah energi dan membakar kalori. Dengan sarapan, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan penuh kalori bisa berkurang.

Baca Juga: 10 Aktivitas pagi yang bisa membantu menurunkan berat badan

Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Memperbanyak asupan buah dan sayur bisa membuat Anda mendapatkan berat badan ideal.

Berat badan ideal juga bisa Anda dapat dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, buah dan sayur juga dipenuhi dengan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang.

Selanjutnya: 4 Minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×