Ingin Kuku Cantik? Pahami 4 Cara Memilih Kutek Peel Off Sesuai Warna Kulit

Selasa, 10 Mei 2022 | 14:49 WIB Sumber: my-best
Ingin Kuku Cantik? Pahami 4 Cara Memilih Kutek Peel Off Sesuai Warna Kulit

ILUSTRASI. Ingin Kuku Cantik? Pahami 4 Cara Memilih Kutek Peel Off Sesuai Warna Kulit. (TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - Banyak wanita yang mempercantik kuku tangan dan kaki dengan memakai kutek. Semakin hari perkembangan kutek semakin banyak pilihan, salah satunya kutek peel off. Kutek peel off adalah inovasi perawatan kecantikan kuku dari kutek yang biasa.

Dahulu Anda membersihkan kutek dengan aseton yang cukup merepotkan. Namun, dengan adanya kutek peel off maka kutek menjadi mudah dibersihkan dan dikelupas. Sehingga anda tidak perlu repot lagi.

Kutek peel off diklaim dapat menyerap dan dibersihkan cukup dengan air saja. Hal ini disebut dengan breathable nail polish, artinya kuku tetap dapat bernapas meski berada di bawah lapisan cat kuku. Jika Anda sering mengganti warna kuku tanpa repot, kuteks peel off dapat menjadi pilihan yang tepat.

Agar Anda tidak salah memilih kutek peel off, berikut cara-cara memilih kutek peel off dilansir dari my-best.id, yaitu:

1. Sesuaikan dengan warna kulit 

Cara memilih kutek peel off yang pertama, sesuaikan warna kutek dengan warna kulit anda. Jika anda salah memilih warna kutek, maka akan menyebabkan kuku terlihat kusam atau pucat, loh. Secara umum, warna kulit dikategorikan menjadi terang, medium dan gelap. 

Bagi Anda yang memiliki kulit terang, pilihlah kuteks dengan warna-warna cerah seperti merah, ungu, oranye, atau warna-warna pastel. Lalu, untuk kulit terang cenderung kuning langsat dapat memilih warna-warna pekat seperti magenta untuk kesan anggun.

Selanjutnya, bagi Anda pemilik kulit medium dan sawo matang dapat mencoba kuteks warna nudes seperti merah muda atau beige, biru langit dan hijau. Terakhir, untuk pemilik kulit gelap, Anda bisa mencoba bereksperimen dengan warna-warna berani dan bold seperti fuschia, merah tua, dan ungu tua. 

Baca Juga: Inilah 4 Vitamin yang Dapat Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

2. Sesuaikan dengan aktivitas Anda

Selanjutnya, sesuaikan dengan aktivitas anda. Sebab, ada beberapa warna kutek terkadang tidak cocok dengan acara yang akan anda hadiri, moms. Jika Anda sedang menghadiri suatu rapat atau wawancara kerja, sebaiknya pilih warna netral yang tidak terlalu mencolok seperti putih dan cream.

Jika Anda sedang liburan, pilihlah warna kutek yang cerah seperti merah, pink dan orange. Selanjutnya, jika Anda sedang menghadiri pesta malam hari, gunakan kutek dengan warna emas dan perak yang dapat membuat penampilan lebih stunning. Jadi, perhatikan aktivitas yang sedang Anda hadiri, agar penampilan kuku menjadi cantik dan tidak berlebihan.

3. Tentukan tekstur dan hasil kutek

Selain warna, kutek juga memiliki berbagai macam tekstur dan hasil akhir yang berbeda. Jika Anda menyukai kuku berkilau, kuteks dengan hasil glossy merupakan pilihan tepat. Teksturnya pun bervariasi, mulai dari creamy sampai gel. Beberapa produk kuteks dibuat dengan tambahan glitter atau shimmer agar kuku semakin gemerlap. 

Selanjutnya, ada juga kuteks tanpa kilap atau biasa disebut matte. Kuteks ini memiliki ciri khas tidak memantulkan cahaya seperti kuteks glossy. Dalam produk kuteks peel off, mayoritas hasil akhir setelah diaplikasikan adalah glossy. Namun, ada pula produk dengan hasil akhir yang tidak memantulkan cahaya sebanyak kuteks glossy. 

4. Perhatikan kandungan kutek

Cara memilih kutek peel off terakhir yaitu kandungan kutek tidak memiliki zat berbahaya dan aman. Kutek yang memiliki izin edar dari BPOM dipastikan aman bagi kuku. Namun, anda tentu perlu memeriksa bahan pembuat kuteks juga untuk memastikan tidak ada zat berbahaya di dalamnya.

Zat berbahaya pada pewarna kuku seperti formaldehida, formaldehida resin, toluene, dibutil phthalate, dan champor. Selain dapat merusak kuku, zat-zat kimia tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan, seperti alergi hingga memicu kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru