Ingat! Vaksinasi anak berusia 6-11 tahun dimulai hari ini

Selasa, 14 Desember 2021 | 06:00 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Ingat! Vaksinasi anak berusia 6-11 tahun dimulai hari ini


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah akan memulai vaksinasi virus corona (Covid-19) anak usia 6-11 tahun besok, Selasa (14/12).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin konferensi pers usai rapat terbatas. Sebelumnya ketentuan mengenai vaksinasi anak telah tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021.

"Vaksinasi anak usia 6-11 akan dimulai besok, dan insyaallah akan diresmikan oleh bapak presiden sendiri," ujar Budi, Senin (13/12).

Vaksinasi tersebut akan menggunakan vaksin produksi Sinovac sesuai rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jarak waktu antara vaksinasi dosis pertama dan kedua selama 4 minggu.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 anak dimulai besok (14/12), ini kondisi yang dilarang vaksinasi

Pemerintah juga mensyaratkan kabupaten/kota yang dapat melakukan vaksinasi anak tersebut. Antara lain telah mencapai target 70% vaksinasi dosis pertama untuk total target vaksinasi dan 60% dosis pertama untuk vaksinasi lansia.

"Kita identifikasi ada 115 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria ini, mereka yang akan kita alokasikan vaksin sinovac untuk bisa memulai menyuntik anak-anak usia 6-11 tahun besok," terang Budi.

Budi pun menyampaikan terdapat hampir 100 juta dosis stok vaksin Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah mendorong masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru