kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infeksi Virus Corona sebabkan komplikasi beberapa organ


Senin, 14 Desember 2020 / 15:21 WIB
Infeksi Virus Corona sebabkan komplikasi beberapa organ
ILUSTRASI. Virus Corona dapat menyebabkan komplikasi organ. REUTERS/Lim Huey Teng


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Corona merupakan salah satu infeksi yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian terbaru, pasien Covid-19 mengalami beberapa komplikasi organ. Mulai dari kardiovaskular, paru-paru, dan ginjal.

Melansi Hindustan Times (hindustantimes.com), penelitian itu dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal. Studi melibatkan 70.288 pasien yang memiliki masalah kesehatan terkait infeksi Virus Corona. 5% dari jumlah tersebut membutuhkan perawatan ICU.

Pasien yang dilibatkan dalam studi rata-rata berusia 65 tahun dan 55.8% adalah pasien wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27.6% pasien Covid-19 mengalami pneumonia, 22.6% gagal napas, 11.8% gagal ginjal, dan 10.4% sepsis.

Para peneliti juga menemukan keterkaitan infeksi Virus Corona dengan kondisi kardiovaskular dan paru-paru, seperti gangguan penggumpalan darah dan peradangan jantung. Meski demikian, risiko itu cenderung rendah.

Baca Juga: Hadirnya vaksin tetap perlu direview dan ditinjau lebih dalam

Mengutip dari Hindustan Times, hasil penelitian justru menunjukkan bahwa Covid-19 tidak meningkatkan risiko stroke. Hasil penelitian itu diharap bisa membantu tenaga kesehatan, pasien, dan pembuat kebijakan untuk lebih memahami komplikasi infeksi Virus Corona.

Karena dampak Covid-19 untuk kesehatan tubuh cukup parah, masyarakat diimbau untuk terus waspada menghindari transmisi Virus Corona. Usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan hindari berkumpul dengan banyak orang.

Baca Juga: Infeksi Virus Corona bisa menyebabkan kerusakan paru-paru yang tak mudah terdeteksi

Pakai masker sesuai ketentuan dengan cara yang benar. Jangan lupa untuk rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitize saat keadaan darurat. Selain itu, pastikan menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayuran hijau, dan sumber makanan lain. Jangan lupa untuk rajin olahraga sehingga tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Selanjutnya: Kasus corona melonjak, ini cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk cegah Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×