kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia Dorong Anggota G20 Tingkatkan Investasi untuk Eliminasi Tuberkulosis


Rabu, 30 Maret 2022 / 21:07 WIB
Indonesia Dorong Anggota G20 Tingkatkan Investasi untuk Eliminasi Tuberkulosis
ILUSTRASI. Petugas medis memberikan pengetahuan tentang cara pencegahan penularan dan penyembuhan penyakit TB (Tubercolusis) kepada warga . ANTARA FOTO/Didik Suhartono/ama/17


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada side event Health Working Group of Meeting (HWG) I G20 yang berlangsung di Yogyakarta 29-30 Maret, pemerintah menyampaikan komitmennya untuk segera menindaklanjuti hasil dari forum-forum yang membahas soal tantangan dalam program eliminasi TB 2030 mendatang.

“Forum ekonomi G20 ini berperan penting dalam mendorong kerjasama global juga menjawab tantangan di sektor kesehatan global. Seminar pada side event on Tuberculosis (TB) pada HWG I G20 kali ini sangat berarti dalam mendiskusikan tantangan yang dihadapi terkait penanggulangan TB,” kata dr. Kirana Pritasari, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Desentralisasi Kesehatan, dalam keterangannya, Rabu (30/3).

Pada side event tersebut, Indonesia sebagai tuan rumah telah merangkum keinginan banyak pihak, khususnya negara-negara anggota G20, agar investasi untuk penanggulangan TB ditingkatkan dan bisa dilakukan dalam beragam mekanisme baik, multilateral, bilateral, dan pendanaan domestik. “Pada pembahasan terkait TB di G20, kita perlu menawarkan dokumen tindak lanjut terkait komitmen negara-negara anggota G20 agar menambah investasi untuk menanggulangi TB,” ujar Kirana.

Pada keynote speech Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia saat membuka HWG I G20, disebutkan bahwa agar bisa mencapai target eliminasi TB di 2030 mendatang, investasi pada penanggulangan TB merupakan tantangan yang harus segera teratasi.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Pentingnya investasi penanggulangan TB ini adalah untuk mengembangkan alat diagnostik TB yang baru, vaksin yang lebih efektif, juga regimen obat TB yang lebih sedikit, berkualitas tinggi, dan terjangkau harganya.

“Pada Global TB report 2021 disebutkan bahwa kebutuhan dana untuk mencegah, mendiagnostik, dan merawat pasien TB di 137 negara berpendapatan menengah ke bawah perlu sedikitnya US$ 13 miliar. Kendati begitu capaian pendanaan untuk penanggulangan TB sejak 2015-2020 hanya sepertiga dari target tersebut,” ujar Prof. Dr. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K)., Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI dalam seminari side events on TB di HWG I G20.

Kendati begitu jumlah pendanaan untuk penanggulangan TB di regional Asia Tenggara WHO pada 2021 lalu, baru mencapai US$ 1 miliar dari target investasi sebesar US$ 1,39 miliar.

“Sebenarnya target pendanaan US$ 1,39 miliar ini masih belum menggambarkan secara nyata kebutuhan untuk penanggulangan TB di regional Asia Tenggara WHO. Dibutuhkan estimasi pendanaan sebesar US$ 3 miliar untuk penanggulangan TB di regional Asia Tenggara WHO,” ujar Tjandra.

Baca Juga: Ingin Berat Badan Turun dengan Cepat? Lakukan Aktivitas Berikut Ini

Negara-negara anggota regional Asia Tenggara WHO sebenarnya sudah mendorong Perencanaan Baru untuk pendanaan penanggulangan TB periode 2021-2025. Hanya saja ada intervensi yang membutuhkan prioritas saat ini yakni, pandemi COVID-19 yang mengalihkan fokus komitmen. “Jelas kita harus menjawab tantangan ini dengan target US$ 3 miliar per tahun untuk penanganan TB di regional Asia Tenggara WHO,” tambahnya.

Pendanaan ini nantinya akan fokus pada tiga poin yakni, pengembangan vaksin TB yang lebih baik, kedua adalah memperkenalkan serta mengimplementasikan obat dan regimen obat TB yang memiliki efikasi lebih baik. Serta yang ketiga, menyediakan alat diagnostik dengan kemampuan diagnosa yang lebih cepat dan lebih komplit seperti, platform GeneXpert dan genome sequencing.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×