CLOSE [X]

Ibu Menyusui Ingin Puasa Ramadan? Ini 6 Tips Meningkatkan Produksi ASI

Selasa, 05 April 2022 | 13:41 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ibu Menyusui Ingin Puasa Ramadan? Ini 6 Tips Meningkatkan Produksi ASI

ILUSTRASI. Ilustrasi Ibu Menyususi Berpuasa


KONTAN.CO.ID -Jakarta. ​Ada tips untuk meningkatkan produksi ASI saat berpuasa Ramadan bagi ibu menyusui. 

Sebenarnya, ibu menyusui mendapat kelonggaran untuk tidak berpuasa dan menggantinya di lain waktu atau membayar fidyah sesuai banyak hari yang ditinggalkan. 

Selain itu, dikhawatirkan puasa bisa memengaruhi produksi ASI pada wanita menyusui. Sebab, kondisi kesehatan secara keseluruhan dan status gizi memengaruhi produksi ASI. 

Tetapi, bagi ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa, berikut terdapat sejumlah tips untuk membantu meningkatkan produksi ASI selama Ramadan. 

Baca Juga: Ini Kata Ahli Tentang Buka Puasa dengan Minum Es Teh Manis

Tips meningkatkan produksi ASI saat berpuasa  

Berikut adalah tips untuk membantu meningkatkan produksi ASI selama puasa Ramadan seperti dikutip dari laman Saudi German Health

  1. Konsumsi suplemen herbal yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui selama Ramadan. 
  2. Konsumsi makanan yang merangsang produksi susu, seperti kurma dan fenugreek, selama periode antara buka puasa dan sahur. 
  3. Tingkatkan jumlah asupan cairan selama waktu antara buka puasa dan sahur untuk mengisi kembali kadar cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. 
  4. Konsumsi makanan yang kaya protein seperti daging, telur, ikan, unggas, dan produk susu karena dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan merangsang produksi susu. 
  5. Batasi konsumsi minuman ringan dan minuman berkafein karena memiliki efek diuretik, yang menyebabkan kehilangan air dan menurunkan produksi susu. 
  6. Jika terjadi kelelahan parah, hipotensi, atau kehilangan kesadaran, segera hentikan puasa dan dapatkan bantuan medis terkait puasa saat menyusui.

Nah, itulah tips bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa Ramadan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru