Tips Sehat

Ibu hamil, ayo konsumsi dengan rutin 5 buah ini

Jumat, 26 Februari 2021 | 16:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ibu hamil, ayo konsumsi dengan rutin 5 buah ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis makanan yang perlu Anda konsumsi saat hamil, salah satunya adalah buah. Tak hanya berguna untuk kesehatan Anda, buah yang bagus untuk ibu hamil juga berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Makanlah buah-buahan yang mengandung banyak beta karoten. Mengutip dari Firstcry.com, nutrisi tersebut berpengaruh pada perkembangan sel dan jaringan serta menguatkan sistem imun tubuh janin.

Tak berhenti sampai di situ, pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, asam folat, serat, dan kalium. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kesehatan tubuh dan janin Anda akan terjaga secara optimal.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang perlu dikonsumsi ibu hamil karena ada banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium.

Magnesium dalam pisang berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh ibu hamil sehingga rasa mual dan muntah dapat berkurang. Sebaiknya, konsumsi buah pisang setiap hari. Apalagi saat usia kehamilan masih di trimester pertama.

Baca Juga: Tidak perlu takut, inilah 7 manfaat berhubungan seks saat hamil

Kiwi

Siapa yang suka mengonsumsi buah kiwi? Ternyata, jenis buah itu cocok dikonsumsi selama masa kehamilan, lo. Sama seperti pisang, buah kiwi mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu dan janin yang dikandungnya.

Nutrisi yang dimaksud adalah vitamin C, vitamin A, vitamin E, kalium, dan asam folat. Kandungan fosfor yang ada dalam buah kiwi pun berguna untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil bisa tercukupi.

Apel

Salah buah untuk ibu hamil adalah apel.

Apel termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil. Firstcry.com mengatakan bahwa meningkatkan kekuatan dan sistem imun tubuh janin. Selain itu, mengonsumsi apel selama hamil dapat menurunkan risiko penyakit asma dan eksim saat bayi sudah lahir.

Baca Juga: Ingin bayi terlahir cerdas? Yuk terapkan 5 cara ini selama kehamilan

Alpukat

Alpukat tidak boleh ketinggalan dari daftar buah yang bagus untuk ibu hamil. Jenis buah itu mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K, magnesium, dan kalium. Kandungan kolin dalam alpukat juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan otak janin.

Stroberi

Salah satu jenis buah beri, yaitu stroberi, bisa jadi salah satu jenis buah yang perlu Anda konsumsi secara rutin selama hamil. Buah stroberi mengandung banyak kalium yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Selanjutnya: ​Waspadai, inilah 6 kandungan kosmetik yang berbahaya untuk ibu hamil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru