Kesehatan Umum

Hore! Ada 32 tempat baru car free day di Jakarta yang asyik buat berolahraga

Rabu, 24 Juni 2020 | 18:05 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Hore! Ada 32 tempat baru car free day di Jakarta yang asyik buat berolahraga

ILUSTRASI. Seorang personel kepolisian membawa poster sosialisasi penggunaan masker saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6). Pemprov D

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Aktivias olah raga di akhir pekan makin banyak dilakukan oleh warga Jakara.

Namun saat pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang, warga Jakarta perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertular virus corona di Jakarta.

Terutama saat melakukan aktivitas olah raga di luar ruangan seperti di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias car free day

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menghentikan lagi aktivtas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias car free day (CFD) di kawasan jalan protokol Sudirman Thamrin tiap hari  minggu.

Pertimbangannya adalah berdasarkan evaluasi pelaksanan car free day pada minggu (21/6) kemarin, terdapat kerumunan massa yang tidak bisa terkontrol. Akibatnya masyarakat mengabaikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak atau physical distancing guna mencegah penyebaran virus corona Jakarta. 

Bahkan berdasarkan hasil rapid test di lokasi car free day jalan Sudirman Thamrin, pada hari Minggu (21/6) kemarin terdapat enam orang dinyatakan reaktif, dari sebanyak 600 orang yang menjalani rapid test.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan sebanyak 32 lokasi sebagai pengganti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman - MH. Thamrin.

Sebanuyak 32 lokasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor terebut tersebar di 5 wilayah Kota Administrasi di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyebut, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap dibukanya kembali HBKB pada hari Minggu lalu (21/6). Karena itulah untuk menghindari terjadinya kerumunan massa yang terjadi di satu titik pada saat pelaksanaan car free day, maka Dinas Perhubungan Provinsi  DKI Jakarta lantas menyiapkan lokasi-lokasi pengganti untuk mengurai.

"Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah kami evaluasi. Hasilnya, kami akan menyiapkan 32 lokasi untuk menggantikan HBKB yang biasa dilaksanakan di Jalan Sudirman - MH. Thamrin," ujar Syafrin pada Rabu (24/6).

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, lanjut Syafrin, ada 7 lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga. 

Nantinya, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengerahkan petugas pengawas dari Dishub Provinsi DKI Jakarta dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta agar jalan tersebut steril dari kendaraan bermotor. Selain itu ia mengimbau agar masyarakat juga terus disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menghadiri tempat-tempat car free day.

"Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut," kata Syafrin.

Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan, masyarakat juga perlu partisipatif untuk tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan.

Berdasarkan catatan KONTAN, beberapa jalan protokol di DKI Jakarta yang sering diadakan car free day diantaranya adalah jalan layang Antasari Blok M, dan jalan Warung Buncit Raya. Selain itu di Jalan RA Fadilah depan Markas Komando Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus) Cijantung.

"Jaga jarak, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun," kata Syarin Liputo.

Editor: Syamsul Azhar


Terbaru