Hobi Berjemur Saat Pandemi? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

Minggu, 11 Juli 2021 | 13:45 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Hobi Berjemur Saat Pandemi? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

KONTAN.CO.ID -  Sejak pandemi, berjemur menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang-orang. Tidak hanya untuk mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, berjemur juga bisa menjadi selingan bagi mereka yang jenuh karena terus-terusan berada di dalam ruangan.

Namun, kita tidak bisa sembarangan berjemur di bawah sinar matahari. Jika kita tidak berjemur dengan benar, bisa-bisa kita tidak akan mendapat manfaatnya dengan maksimal. Sayang, kan?

Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum berjemur. Yuk, kita simak!

Baca Juga: Kiat Meningkatkan Imun Tubuh saat Kasus Covid-19 Meledak

Gunakan sunscreen sebelum berjemur

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dihasilkan sinar matahari. Asal tahu saja, sinar UVA dan UVB bisa berdampak buruk pada kulit. 

Dikutip dari University of Iowa, paparan sinar UVA bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kanker kulit. Karena itu, kita wajib melindungi diri dengan menggunakan sunscreen sebelum berjemur.

Saat ini, sudah ada banyak sunscreen yang tersedia di pasaran. Gunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 supaya kulit kita terlindungi dengan maksimal.

Waktu yang tepat untuk berjemur

Ada banyak sekali perdebatan mengenai waktu yang tepat untuk berjemur. Di Indonesia, waktu yang direkomendasikan untuk berjemur adalah pukul 08.00-10.00 WIB.

Waktu tersebut direkomendasikan karena indeks UV berada dalam kisaran risiko bahaya rendah sampai sedang. Berarti, waktu tersebut dinilai aman untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Bantu Cegah Covid-19, Konsumsi Makanan & Vitamin Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Durasi berjemur

Durasi berjemur juga menjadi hal yang membingungkan banyak orang. Berapa lama kita sebaiknya berjemur?

Dikutip dari healthline.com, durasi berjemur yang direkomendasikan adalah 5 sampai 10 menit, maksimal 20 menit. Durasi tersebut dianggap ideal untuk mengurangi risiko kulit terbakar akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum berjemur. Jika kita berjemur dengan benar, manfaat vitamin D dari sinar matahari akan kita dapatkan dengan maksimal. Tetap jaga kesehatan, ya!

Selanjutnya: Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi Covid-19

 

Editor: Kania Paramahita
Terbaru