Hindari tekanan mental di masa pandemi, ini yang dilakukan Vice CEO Pan Brothers

Selasa, 23 Februari 2021 | 09:25 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Hindari tekanan mental di masa pandemi, ini yang dilakukan Vice CEO Pan Brothers

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan pengaruh pada kesehatan fisik tetapi juga mental.

Berdasarkan hasil penelitian Centre of Applied Psychometrics Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2020 lalu menyebutkan bahwa dalam menghadapi pandemi, sebanyak 74,9% responden mengalami stres, 21,5% gangguan kecemasan, dan 3,5% depresi.

Dengan masa pandemi yang menginjak setahun, masalah kesehatan mental bukan tidak mungkin menjadi lebih buruk. Misalnya, orang yang tadinya hanya stres, kini berubah cemas, dan yang awalnya cemas meningkat menjadi depresi.

Menghadapi hal tersebut, Anne Patricia, Vice CEO PT Pan Brothers Tbk (PBRX) mengklaim dirinya bersyukur sebab tidak pernah mengalami tekanan mental sehingga menjadi depresi. Ia mengaku sebagai seseorang yang selalu memiliki pikiran positif.

Baca Juga: Riset terbaru: Pasien Covid-19 mengalami gejala yang menetap hingga 9 bulan

Namun, sebagai manusia biasa ia pernah merasa khawatir menghadapi pandemi. Anne lantas menenangkan diri dengan menganggap apa yang dilaluinya sebagai tantangan dari Tuhan.

"Kebetulan saya memang orangnya cukup positive thinking. Saya anggap ini merupakan challenge yang manusia harus hadapi dengan tegar karena kita percaya adanya Tuhan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (22/2).

Selain mendekatkan diri pada Tuhan, ia menegaskan senantiasa menerapkan protokol 3M.

Tak lupa, Anne juga terus melaksanakan akivitas sepert biasa, sehingga kondisi tubuh secara fisik dan mental terus dalam kondisi aktif.

"Yang terpenting adalah optimis dan terus berpikiran positif, serta mendekatkan diri kepada Tuhan. Tak lupa, kita pasrah setelah menjalankan berbagai macam upaya secara all out. Intinya Ora Et Labora," tutup dia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: 5 Juta dosis vaksin Covid-19 akan didistribusikan ke tujuh provinsi di Jawa-Bali

 

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru