kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari 5 makanan Ini, jika Anda penderita lemah jantung


Senin, 08 November 2021 / 18:15 WIB
Hindari 5 makanan Ini, jika Anda penderita lemah jantung


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Penyakit kardiomiopati atau jantung lemah bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Selain faktor genetik atau keturunan, penyakit ini juga bisa terjadi karena kondisi medis lain, seperti hipertensi, obesitas, diabetes, atau penyakit yang memengaruhi fungsi jantung lainnya.  

Adapun kondisi medis tersebut dapat terjadi karena pola makan yang buruk, seperti mengonsumsi makanan tinggi natrium (garam) dan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans) secara berlebihan.  

Kandungan makanan tersebut telah terbukti dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, serta tinggi kolesterol, yang dapat memberi tekanan tambahan pada jantung dan memperparah kardiomiopati Anda. 

Nah, berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita jantung lemah.  

1. Buah beri

Buah beri, terutama blueberry dan strawberry, baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Buah beri mengandung salah satu jenis senyawa flavonoid, yaitu antosianin, yang bersifat antioksidan.

Kandungan buah tersebut dipercaya dapat mencegah terjadinya peradangan (inflamasi). 

Selain itu, antosianin juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah serta melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Dengan demikian, kandungan dalam buah ini cocok untuk dikonsumsi penderita jantung lemah. 

Baca Juga: Produk tembakau alternatif berpotensi tekan risiko kesehatan mulut dan gusi

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, selada, brokoli, kubis, dan sawi, kaya akan vitamin A, C, K, beberapa vitamin B (terutama folat), serta kalium yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Jenis makanan ini juga mengandung serat yang tinggi serta kalori yang rendah sehingga cocok untuk yang menurunkan berat badan serta mencegah obesitas. 

3. Kacang dan polong-polongan

Kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang kenari, serta jenis polong-polongan, seperti kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, dan lima, dapat dijadikan pilihan sebagai makanan untuk penderita jantung lemah.  

Kacang-kacangan pun mengangdung lemak tak jenuh, serta beberapa vitamin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Bahkan, beberapa kacang, seperti kacang kenari, juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga baik untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: Catat, manfaat kacang almond untuk penderita hipertensi 

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit jantung. 

Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium yang dapat menurukan tekanan darah sehingga dapat mengurangi tekanan pada jantung.

Anda bisa mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari agar efektif untuk mengobati jantung lemah yang Anda derita. 

Baca Juga: Diselimuti sentimen positif, rupiah menguat 0,50% ke Rp 14.260 pada Senin (8/11)

5. Ikan dan minyak ikan

Makanan lainnya yang baik untuk penderita jantung lemah atau kardiomiopati, yaitu ikan dan minyak ikan.

Jenis makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, detak jantung yang tidak teratur (aritmia), penggumpalan darah, serta risiko gagal jantung dan stroke.  

Dilansir dari Cardiomyopathy UK, beberapa studi pun menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu pengobatan pasien kardiomiopati dilatasi yang mengalami gagal jantung ringan hingga sedang. 

Itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi banyak makanan sehat tersebut tidak menjamin Anda terbebas dari risiko penyakit jantung.  

Apalagi jika Anda tidak mengimbanginya dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres. 

Selanjutnya: Obat Alami untuk Menyembuhkan Ambeien yang Sangat Menggangguu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×