Hindari 5 Hal Ini Agar Kehamilan Tetap Sehat dan Aman, Ibu Wajib Tahu

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hindari 5 Hal Ini Agar Kehamilan Tetap Sehat dan Aman, Ibu Wajib Tahu

ILUSTRASI. Hindari 5 Hal Ini Agar Kehamilan Tetap Sehat dan Aman, Ibu Wajib Tahu.


KONTAN.CO.ID -  Ibu yang sedang hamil wajib berhati-hati agar kehamilannya tetap sehat dan aman. Anda perlu menghindari berbagai hal agar Anda dan janin bisa selalu sehat. 

Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh para wanita hamil. Mulai dari perubahan hormon hingga hal-hal yang harus dihindari.

Tentu semuanya demi janin yang sehat serta kehamilan yang lancar. Bagi Anda yang sedang mengandung, ada baiknya menghindari beberapa hal.

Apa saja hal yang harus dihindari saat mengandung? Berikut hal yang harus dihindari saat hamil. Daftar berikut dirangkum dari Healthline dan Health Engine.

Baca Juga: 23 Januari Cuti Bersama Imlek, Cek Jadwal Terbaru Libur Nasional & Cuti Bersama 2023

  • Duduk atau berdiri terlalu lama

Duduk atau berdiri terlalu lama bisa membuat banyak masalah kesehatan pada ibu. Salah satunya adalah pembengkakan pada pembuluh darah.

Pembengkakan di pergelangan kaki juga bisa terjadi jika terlalu banyak duduk atau berdiri. 

Melakukan jeda istirahat di sela-sela duduk atau berdiri sangat disarankan. Kegiatan ini bisa mengurangi efek pembengkakan saat kehamilan. 

  • Hindari makanan mentah dan setengah matang

Ada beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi saat hamil. Makanan tersebut bisa berpengaruh buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Jika Anda gemar menyantap sashimi atau ikan mentah, sebaiknya dihentikan dulu. Ikan dan seafood mentah biasa mengandung toksoplasma. Parasit ini bisa mempengaruhi perkembangan janin Anda. 

Hindari juga makanan yang dimasak setengah matang. Makanan yang setengah matang rentan mengandung salmonella. Bakteri ini juga berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. 

  • Olahraga atau kegiatan berat

Kegiatan dan olahraga berat bisa membuat cedera pada tubuh. Olahraga berat juga membuat asupan oksigen pada janin berkurang. 

Kegiatan ini akan berpengaruh buruk pada perkembangan buah hati. Terlebih bisa membuat tubuh ibu cedera.

Jika Anda ingin tetap berolahraga saat hamil, pilihlah kegiatan yang aman. Berenang dan berjalan kaki adalah contoh olahraga yang cocok untuk ibu hamil. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Pamapersada 2023, Fresh Graduate Minimal D3 Bisa Daftar

  • Menghindari rokok, alkohol, dan konsumsi kafein berlebihan

Hal yang paling harus dihindari saat hamil adalah rokok dan alkohol. Kandungan dua hal ini berbahaya untuk janin Anda. 

Mengkonsumsi alkohol dan rokok saat kehamilan bisa menimbulkan berbagai efek negatif. Efek tersebut diantaranya cacat lahir, kelahiran prematur, hingga kerusakan otak janin. 

Mengonsumsi kafein diperbolehkan saat hamil tapi tidak berlebihan. Kandungan kafein ada kopi bisa mempengaruhi janin. 

Selain kopi, Anda juga harus memperhatikan konsumsi teh, coklat dan minuman bersoda. Kafein biasa ditemukan di makanan dan minuman tersebut.

  • Jangan ke sauna atau berendam di air panas

berendam di air panas memang menyenangkan. Terlebih saat badan terasa pegal dan lelah. Tapi kegiatan ini harus dihindari saat hamil terutama trimester pertama. 

Saat berendam, suhu tubuh akan meningkat juga. Hal ini menyebabkan temperatur yang naik bisa mempengaruhi perkembangan janin. 

Tapi Anda tetap bisa melakukan sesi relaksasi ini dengan cara mengganti air panas dengan air hangat saat Anda berendam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru