Kesehatan Umum

Herniasi Diskus dapat disembuhkan dengan prosedur DISCSEEL® (DST)

Rabu, 09 September 2020 | 09:06 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Herniasi Diskus dapat disembuhkan dengan prosedur DISCSEEL® (DST)

ILUSTRASI. Ilustrasi sakit nyeri punggung./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/11/07/2011.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasa nyeri di tulang belakang dikenal dengan banyak istilah oleh masyarakat, salah satunya disebut dengan saraf terjepit. Bidang kedokteran mengenalnya dengan Hernia diskus yang hanya terjadi setelah robekan annular yang menyebabkan terjadinya herniasi.

Banyak ahli bedah tulang belakang yang keliru karena menyebut diskus hernia itu sendiri adalah penyebab dari gejala-gejala seperti lumbago (sakit punggung), skiatika (nyeri pinggul), nyeri kaki, serta kebas.

Namun, Dr Kevin Pauza  ingin membangun kesadaran bagi pasien bahwa studi ilmiah telah membuktikan bahwa gejala perorangan itu biasanya disebabkan oleh peradangan akibat dari diskus yang bocor ke saraf tulang belakang di sekitarnya dan tidak harus dari tekanan pada saraf itu sendiri.

Baca Juga: Kadar asam urat naik? Obat herbal kayu manis bisa menurunkan asam urat Anda

Kevin Pauza di AS pun memperkenalkan metode Discseel® Procedure (DST) yang diyakini sebagai satu-satunya prosedur tulang belakang regeneratif yang benar-benar dapat menutup dan menyembuhkan dinding diskus tulang belakang yang sobek.

Metode ini pun ikut dikembangkan oleh Dr Yasuyuki Nonaka, pendiri klinik Lumbago International Jepang yang bertempat di Osaka Jepang. Klinik ini memfokuskan perawatan dengan metode minimal invasif terkait perawatan tulang belakang.

Berbagai metode invasif minimal diperkenalkan oleh lembaga ini sebagai pionir penerapan DST di Asia dan di dunia di luar AS.

Pasien dapat mengirim gambar MRI mereka melalui email atau WhatsApp untuk mengkonfirmasi apakah mereka adalah kandidat untuk perawatan dan apabila memiliki pertanyaan mereka akan dijawab dalam bahasa Inggris atau Mandarin, sebelum mereka memutuskan untuk menjalani perawatan.

Sebelumnya, pilihan utama untuk diskus yang bengkak dan berdegenerasi adalah pembedahan, narkotika, suntikan dengan kortikosteroid, atau hidup dengan rasa sakit.

Itu sebabnya Kevin Pauza mengembangkan prosedur  DST setelah merawat ratusan pasien yang memburuk kondisinya setelah operasi tulang belakang mereka.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru