kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hepatitis Akut Mengintai Anak-anak, Hindari Berenang di Kolam Renang Umum


Selasa, 10 Mei 2022 / 07:08 WIB
Hepatitis Akut Mengintai Anak-anak, Hindari Berenang di Kolam Renang Umum
ILUSTRASI. Indonesia telah melaporkan adanya 3 kasus meninggal dunia diduga terkait Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia telah melaporkan adanya 3 kasus meninggal dunia diduga terkait Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya. Sejauh ini penularan diduga terjadi melalui oral dan pernapasan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim), dr Erwin Astha Triyono, SpPD menyarankan untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, ia juga mengingatkan untuk mewaspadai risiko penularan di tempat umum.

"Selain itu, untuk sementara jangan berenang dulu di kolam renang umum, tidak bermain di playground, serta hindari menyentuh hand railing, knop pintu, dinding, dan lainnya yang sering dipegang orang," saran dr Erwin

Beberapa langkah pencegahan yang dianjurkan antara lain selalu mencuci tangan dengan sabun, meminum air bersih yang matang, dan selalu menggunakan alat makan sendiri. Sedangkan terkait risiko penularan lewat pernapasan, protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak juga perlu dilakukan.

Baca Juga: Ada 15 Kasus Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia, Catat Gejala dan Cara Mencegahnya

Melansir laman Kemkes.go.id, Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mengkategorikan hepatitis misterius ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini sudah menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.  

WHO menjelaskan, rentang usia pasien yang diidentifikasi mengalami hepatitis akut misterius tersebut, sejauh ini ditemukan di antara bayi berusia satu bulan hingga remaja berusia 16 tahun. 

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada anak, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI Hanifah Oswari menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll.  

Baca Juga: Menkes: Saat Ini, Tercatat 15 Kasus Dugaan Hepatitis Akut Misterius di Indonesia




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×