kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, tangan bengkak bisa disebabkan oleh 5 faktor ini


Selasa, 26 Januari 2021 / 14:27 WIB
Hati-hati, tangan bengkak bisa disebabkan oleh 5 faktor ini
ILUSTRASI. Tangan bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. REUTERS/Lucy Nicholson


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembengkakan terjadi saat terlalu banyak cairan yang berkumpul dalam jaringan. Kondisi tersebut bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali tangan. Anda perlu mewaspadai penyebab tangan bengkak supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Biasanya, ukuran tangan yang membesar bisa kembali normal tanpa perawatan apa pun. Meski demikian, kondisi kesehatan tertentu mengharuskan Anda untuk mendapat perawatan medis agar pembengkakan bisa bekurang.

Anda perlu memerhatikan kapan atau aktivitas apa yang telah dilakukan saat pembengkakan terjadi. Dengan begitu, proses pengobatan yang perlu Anda lakukan bisa ditentukan dengan lebih mudah.

Tangan Bengkak di Pagi Hari

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa tangan yang membesar biasa terjadi di pagi hari. Hal itu disebabkan karena berbaring sepanjang malam menyebabkan penumpukan cairan di tangan.

Jika Anda sering mengalami pembengkakan tangan di pagi hari, cobalah untuk melakukan peregangan saat bangun tidur. Hal itu membuat sirkulasi cairan dalam tubuh semakin lancar sehingga pembengkakan pun berkurang.

Baca Juga: Catat, ini cara cepat untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat

Tangan Bengkak Setelah Olahraga

Selain di pagi hari, ukuran tangan pun bisa membesar setelah Anda olahraga. Kegiatan tersebut membuat pembuluh darah membengkak sehingga ukuran tangan pun ikut membesar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena pembengkakan bisa hilang saat suhu tubuh Anda sudah menurun.

Hamil

Tangan bengkak kerap dialami oleh ibu hamil.

Hamil juga dapat membuat ukuran tangan membesar, lo. Untuk mengatasinya, Medical News Today merekomendasikan beberapa cara. Mulai dari memakai pakaian longgar, melakukan banyak aktivitas, dan mengangkat kaki supaya aliran cairan lancar.

Makanan Asin

Garam atau makanan asin dapat membuat ukuran tangan membesar. Pembengkakan terjadi karena garam meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap cairan. Anda perlu mengatur asupan garam karena selain menyebabkan pembengkakan, terlalu banyak makan garam juga berisiko meningkatkan darah tinggi.

Baca Juga: Ini 6 tanda bahaya kehamilan, para ibu hamil wajib waspada

Sakit Ginjal

Ginjal adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring kelebihan cairan dalam tubuh. Jika fungsi tersebut tidak berjalan dengan normal, tubuh akan menyimpan terlalu banyak cairan sehingga menyebabkan pembengkakan.

Selain itu, ada gejala sakit ginjal lainnya yang perlu Anda waspadai. Mulai dari jumlah kolesterol yang tinggi, urin yang bercampur darah, sering buang air kecil, hingga tekanan darah di atas batas normal.

Selanjutnya: Ini 7 obat asam urat untuk atasi nyeri yang menyiksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×