kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, sering kentut bisa terjadi karena 5 hal ini


Selasa, 14 Desember 2021 / 15:29 WIB
Hati-hati, sering kentut bisa terjadi karena 5 hal ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering kentut? Jika iya, Anda perlu berhati-hati karena tandanya ada masalah kesehatan yang Anda alami. Apabila terlambat diatasi, bukan tidak mungkin masalah kesehatan menjadi lebih parah.

Selain itu, terlalu sering mengeluarkan angin dari tubuh dapat membuat Anda kurang nyaman, apalagi saat sedang melakukan aktivitas dengan banyak orang. Frekuensi kentut bisa Anda kurangi dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Meski demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan frekuensi kentut. Dengan begitu, kentut yang terlalu sering bisa Anda hindari di kemudian hari.

Gangguan Pencernaan

Sering kentut bisa jadi tanda Anda mengalami gangguan pencernaan. Beberapa penyakit yang dapat memicu gangguan pencernaan adalah diabetes, intoleransi laktosa, penyakit crohn, dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut membuat sistem pencernaan stres sehingga Anda jadi lebih mudah kentut.

Baca Juga: Ini loh, 4 penyebab Anda merasa cepat kenyang

Jenis Makanan Tertentu

Makan kubis atau jenis makanan tertentu lainnya bisa membuat Anda sering kentut.

Seperti yang telah dikatakan, kentut menandakan adanya aktivitas bakteri dalam sistem pencernaan. Bakteri membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mencerna jenis makanan tertentu. Hal itulah yang membuat frekuensi kentut bertambah.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), makanan yang mengandung banyak serat dan jenis gula tertentu cukup sulit untuk diproses dalam tubuh. Beberapa jenis makanan tersebut adalah kubis, brokoli, produk olahan susu, minuman berkarbonasi, dan lain sebagainya.

Stres

Jika Anda mengalami stres, cobalah untuk mengelolanya dengan baik. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter, melakukan yoga, atau kegiatan relaksasi lainnya. Dengan begitu, frekuensi kentut akan berkurang. Selain itu, usahakan untuk menghindari konsumsi alkohol berlebih dan merokok.

Permen Karet

Sebaiknya, kurangi kebiasaan mengunyah permen karet karena hal itu bisa membuat Anda kentut lebih sering. Saat mengunyah permen karet, Anda cenderung menelan lebih banyak udara. Nah, hal itulah yang membuat frekuensi kentut meningkat.

Baca Juga: 6 Bahan alami yang bisa atasi perut kembung, apa saja?

Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar jadi faktor selanjutnya yang menyebabkan sering kentut. Semakin lama sisa makanan mengendap dalam sistem pencernaan, semakin lama pula waktu fermentasinya. Hal itu tidak hanya membuat frekuensi kentut meningkat, tapi kentut Anda menjadi lebih bau.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kentut yang terlalu sering. Cara pertama yang disarankan Healthline adalah hindari makanan yang dapat meningkatkan risiko kentut terlalu sering.

Tak hanya itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Rajin olahraga juga dapat Anda lakukan untuk mencegah penumpukan gas dalam sistem pencernaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×