kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hati-hati, migrain bisa sebabkan demensia hingga alzheimer


Selasa, 10 September 2019 / 16:35 WIB
Hati-hati, migrain bisa sebabkan demensia hingga alzheimer
ILUSTRASI.

Sumber: Grid | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Migrain lebih sering disebut dengan sakit kepala sebelah. Hati-hati jika mulai merasakan sakit kepala migrain.

Sebuah penelitaian megungkapkan, sakit kepala semacam ini beresiko tinggi terserang demensia. Demensia adalah kondisi yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Baca Juga: Menurut ahli nutrisi, ternyata buah pisang bukan pilihan terbaik untuk sarapan

Melansir dari The Sun Daily pada Sabtu (7/9), perempuan yang sering mengalami migrain sangat beresiko tinggi terserang demensia. Para ahli telah menganalisis lebih dari 679 orang, 65 di antaranya berakibat fatal pada alzheimer.

“Kami belum memiliki cara untuk menyembuhkan alzheimer, jadi hanya pencegahan sebelum penyakit ini menyerang," terang Prof Suzanne Tyas, dari University of Waterloo, Kanada.

Penyakit migrain ini justru memberi alasan untuk mencegah penyakit alzheimer. Melansir dari Alodokter, demensia ini biasanya disebabkan karena rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.

Baca Juga: Berikut penyebab serangan jantung pada pria di bawah 40 tahun

Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir seseorang. Kondisi ini akan berdampak semakin buruk pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari penderita.

Berdasarkan perubahan yang terjadi, ada beberapa jenis demensia, yakni demensia vaskuler dan alzeimer. Alzheimer adalah demensia yang berhubungan dengan perubahan genetik dan perubahan protein di otak.

Sedangkan, demensia vaskular adalah jenis demensia akibat gangguan di pembuluh darah otak.


Tag


TERBARU

Close [X]
×