kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-Hati Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Mungkin Bisa Anda Alami


Rabu, 01 Juni 2022 / 12:41 WIB
Hati-Hati Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Mungkin Bisa Anda Alami
ILUSTRASI. Gejala kolesterol tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kolesterol adalah senyawa yang ada di dalam tubuh dan juga berasal dari makanan. Dalam kadar normal kolesterol merupakan hal yang normal, namun jika kadar kolesterol tinggi hal tersebut berisiko menimbulkan gejala-gejala hingga gangguan kesehatan yang berbahaya. 

Pasalnya, jika kadar kolesterol tidak dikontrol, kolesterol jahat akan menumpuk yang menyebabkan aliran darah akan terhambat. Salah satu risiko terburuk dari kolesterol tinggi adala mengalami serangan jantung atau penyakit jantung. 

Oleh sebab itu, menjaga gaya hidup sehat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan guna mengontrol kadar kolesterol jahat. Selain itu mengetahui gejala-gejala kolesterol tinggi juga hal penting untuk Anda ketahui. 

Baca Juga: Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTikTok, Simak!

Melansir dari Times Now News, berikut ada beberapa gejala kolesterol tinggi, di antaranya: 

Kelelahan 

Rasa lelah pada dasarnya adalah hal yang wajar terjadi jika Anda melakukan berbagai aktivitas fisik dan berat. Namun, berbeda halnya jika Anda merasa kelelahan meski hanya melakukan aktivitas yang relatif ringan. Hal tersebut mungkin saja bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang patut Anda waspadai 

Tangan Sakit 

Selain tubuh yang cepat kelelahan, gejala kolesterol tinggi lainnya adalah tangan terasa sakit. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol jahat, sehingga aliran darah tidak lancar dan menimbulkan rasa sakit. 

Nyeri Dada 

Selain menyumbat pembuluh darah, kolesterol jahat juga dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Jika Anda mengalami nyeri dada dalam frekuensi yang relatif sering, segeralah untuk periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan melakukan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada! 6 Gejala Penyakit Paru-Paru yang Perlu Anda Ketahui

Kulit Tumbuh

Dilansir Times Now News, kulit tumbuh adalah salah satu gejala kolesterol tinggi yang patut Anda waspadai. Pasalnya, kulit tumbuh bisa muncul di berbagai area. Oleh sebab itu Anda harus lebih waspada serta segera ke dokter jika Anda mengalami hal serupa. 

Arcus Silinis

Arcus sinilis adalah istilah yang menandakan munculnya lingkar biru di bagian luar kornea. Hal tersebut biasanya dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan. Namun, arcus sinilis juga dapat dialami oleh orang yang berusia dibawah 45 tahun jika mempunyai masalah kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×