Hati-hati! Inilah 14 gejala long Covid yang umum terjadi

Kamis, 29 Juli 2021 | 08:58 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati! Inilah 14 gejala long Covid yang umum terjadi

ILUSTRASI. Sebagian orang yang sudah terinfeksi virus corona mengalami gejala yang berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang yang sudah terinfeksi virus corona mengalami gejala yang berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah infeksi hilang. Kondisi pasca-covid ini dikenali sebagai long covid atau long-term covid. 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa pulih dari Covid-19 berbeda pada masing-masing orang. 

Banyak orang dengan Covid-19 bisa merasa lebih baik dalam beberapa hari atau minggu, di mana sebagian besar akan sembuh total dalam 12 minggu. Tapi, bagi sebagain orang, gejalanya bisa bertahan lebih lama meski telah dinyatakan negatif dan tidak menular. 

Kemungkinan memiliki gejala jangka panjang ini tampaknya tidak terkait dengan seberapa parah atau sakit seseorang saat pertama kali terkena Covid-19. 

Baca Juga: Banyak yang bertanya, apakah long Covid bisa disembuhkan?

Pasalnya, orang yang hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tak memiliki gejala sama sekali dalam beberapa hari atau minggu setelah terinfeksi virus corona dilaporkan dapat juga mengalami kondisi long covid. 

Para ahli kini masih masih bekerja untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek kesehatan jangka pendek dan jangka panjang terkait dengan Covid-19, siapa yang bisa mengalaminya, dan mengapa bisa terjadi demikian. 

Gejala long covid 

Ada banyak gejala yang bisa dialami seseorang setelah terinfeksi Covid-19. Melansir NHS, beberapa gejala long covid yang umum terjadi, meliputi:

  • Kelelahan ekstrim
  • Sesak napas
  • Nyeri dada atau dasa sesak
  • Masalah dengan memori dan konsentrasi (brain fog)
  • Sulit tidur (insomnia)

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru