e

Hati-hati! gejala Virus Corona ini pasti dialami pasien

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! gejala Virus Corona ini pasti dialami pasien

ILUSTRASI. Sakit kepala jadi salah satu gejala Virus Corona yang pasti dialami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala Virus Corona yang bisa Anda alami. Beberapa di antaranya adalah batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Tak hanya sebentar, gejala-gejala itu memerlukan waktu lama untuk sembuh, bahkan kondisi Anda bisa semakin parah.

Dari sekian banyak ciri-ciri terkena Virus Corona yang bisa dialami seseorang, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa gejala yang pasti dialami oleh pasien. Mengutip dari Herts Live (hertfordshiremercury.co.uk), penelitian melibatkan lebih dari 1 juta pasien Covid-19.

Hasilnya, ciri Virus Corona yang pasti muncul adalah nafsu makan menurun, sakit kepala, nyeri otot, dan demam. Jika Anda mengalami beberapa, atau bahkan semua, gejala itu, segera hubungi tenaga kesehatan supaya bisa langsung tes Covid-19.

Hasil penelitian itu didapatkan oleh Imperial College London. Para peneliti melakukan tes usap ke seluruh partisipan yang terlibat. Mereka mendapati bahwa partisipan dengan gejala-gejala yang telah disebutkan memiliki persentase positif terinfeksi Virus Corona yang lebih tinggi.

Baca Juga: Penelitian terbaru! Virus Covid-19 lebih menyukai orang dari golongan darah ini

Melansir dari Herts Live, Anda tetap tidak boleh menyepelekan gejala yang lain. Misalnya, hidung air seperti terkena flu, sakit perut, penurunan fungsi indra penciuman dan pencecap, serta muncul ruam di kulit.

Mewaspadai gejala Covid-19 bisa jadi salah satu pencegahan Virus Corona menyebar ke orang lain. Tidak behenti sampai di situ, Anda pun perlu selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Baca Juga: Mutasi virus corona B.1.1.7 masuk Indonesia, ini yang harus dilakukan masyarakat

Jika Anda terpaksa melakukannya, selalu jaga jarak dengan orang lain dan pakai masker secara benar. Cara Mencegah Virus Corona selanjutnya adalah dengan menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi, seperti hotel, kedai kopi, dan restoran.

Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga wajib Anda lakukan untuk mencegah Virus Corona. Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam melakukannya, ya. Jika tidak ada sabun atau air mengalir, Anda bisa melakukan proteksi dengan memakai hand sanitizer.

Selanjutnya: 8 Gejala darah tinggi, penyakit penyerta Covid-19 terbanyak dan berbahaya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru