kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, Anda bisa mengalami 5 gejala depresi ini


Kamis, 17 Juni 2021 / 13:03 WIB
Hati-hati, Anda bisa mengalami 5 gejala depresi ini
ILUSTRASI. Ada beberapa gejala depresi yang bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Depresi adalah istilah yang digunakan saat Anda merasa sedih secara terus-menerus. Ada beberapa gejala depresi yang perlu Anda ketahui.

Namun, bukan berarti Anda bisa melakukan self diagnosis atau mendiagnosa diri sendiri mengalami depresi, ya. Jika Anda mengalami beberapa kondisi yang mengarah pada depresi, segera konsultasikan diri ke dokter.

Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Melakukan self diagnosis sering kali justru memperparah kondisi Anda sendiri.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa sesi konsultasi atau pemeriksaan lain untuk menentukan gangguan apa yang sedang Anda alami.

Jangan segan untuk menceritakan beberapa gejala ini pada dokter. Keterbukaan Anda justru membantu dokter menentukan perawatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Kehilangan minat

Mengutip dari Healthline, hilangnya minat atau ketertarikan terhadap beberapa hal yang Anda sukai bisa jadi salah satu tanda depresi.

Sebagai contoh, awalnya Anda suka bermain basket, tapi seiring berjalannya waktu, kegiatan itu tak lagi membuat Anda senang dan ketertarikan Anda pun hilang.

Baca Juga: Banyak anak kecanduan hp, kenali gejala dan cara menghilangkan

Cemas

Cemas jadi gejala depresi lain yang mungkin Anda alami. Ada beberapa kondisi yang biasanya Anda alami saat kecemasan muncul berlebihan. Mulai dari detak jantung meningkat, merasa panik, hingga sulit berkonsentrasi atau berpikir jernih.

Sulit mengontrol mood

Sering kali, orang yang depresi mengalami kesulitan untuk mengontrol mood atau perasaan. Di satu waktu Anda merasa sangat marah, tapi perasaan itu bisa berganti secara tiba-tiba, entah merasa sedih atau senang.

Baca Juga: Seram! Muncul penyakit otak misterius di Kanada

Kualitas tidur terganggu

Healthline menyebutkan, depresi dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa penderita depresi sulit tidur sehingga gangguan kecemasan semakin parah.

Ada pula kasus di mana penderita depresi tidur terlalu lama karena selalu merasa lelah.

Berat badan berubah

Berat badan yang berubah jadi salah satu gejala depresi.

Gejala depresi lain yang dapat Anda alami adalah berat badan berubah. Nafsu makan Anda dapat meningkat sehingga berat badan Anda bertambah.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengalami penurunan nafsu makan sehingga berat badan Anda pun berkurang.

Selanjutnya: Simak rahasia sederhana untuk mengurangi risiko depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×