Kesehatan Umum

Hati-hati! 5 ciri-ciri diabetes ini bisa Anda alami

Kamis, 13 Mei 2021 | 09:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 5 ciri-ciri diabetes ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ciri-ciri diabetes perlu Anda perhatikan supaya Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.


KONTAN.CO.ID - Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, mengenali ciri-ciri diabetes yang Anda rasakan adalah hal yang penting.

Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat.

Gejala penyakit gula yang dialami setiap orang berbeda-beda. Jadi, jangan gunakan kondisi orang lain untuk menentukan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diabetes, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan gejala-gejala yang Anda alami. Selanjutnya, ada beberapa pemeriksaan yang harus Anda jalani sehingga dokter bisa menentukan perawatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Nah, berikut beberapa gejala diabetes yang bisa terjadi:

Haus

Merasa haus adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Namun, hal itu bisa jadi salah satu tanda tubuh terkena diabetes. Apalagi jika Anda sering merasa haus yang berlebihan.

Kondisi itu berkaitan dengan meningkatnya jumlah gula darah dalam tubuh. Saat jumlah gula darah naik, tubuh membutuhkan lebih banyak air supaya darah menjadi lebih encer.

Air juga dikeluarkan bersama dengan urin. Hal itulah yang membuat Anda mudah dehidrasi dan sering merasa haus yang berlebihan.

Baca Juga: Cara mengenali kekurangan vitamin B12, cermati efek samping yang ditimbulkan

Rasa lapar meningkat

Tidak hanya haus, diabetes juga ditandai dengan rasa lapar yang meningkat. Pada penderita diabetes, Hormonemds.com menyatakan, glukosa tidak bisa masuk ke otot.

Akibatnya, Anda merasa lapar terus-menerus, bahkan setelah Anda makan.

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil jadi ciri-ciri diabetes selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Ginjal berusaha untuk mengeluarkan jumlah gula darah berlebih bersama dengan urin.

Itulah mengapa Anda menjadi lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Anda perlu berhati-hati jika mengalami gejala tersebut. Apalagi jika keinginan buang air kecil juga Anda miliki di tengah malam atau saat Anda sedang beristirahat.

Perhatikan pula kondisi yang lain. Misalnya, muncul sensasi terbakar saat buang air kecil atau volume urin yang keluar tidak banyak.

Baca Juga: Jangan terlambat deteksi diabetes, ini tanda-tanda gula darah naik

Berat badan turun

Berat badan yang turun termasuk salah satu ciri-ciri diabetes.

Meski rasa lapar meningkat, penderita diabetes justru mengalami penurunan berat badan. Menurut Hormonemds.com, gangguan pada insulin mengakibatkan tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi.

Pandangan mengabur

Pandangan mengabur jadi ciri-ciri diabetes berikutnya yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Peningkatan jumlah gula darah mengakibatkan lensa mata membengkak. Akibatnya, pandangan Anda akan mengabur.

Selanjutnya: Waspada, ini 10 ciri-ciri gula darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru