Kesehatan Umum

Hati-hati! 4 Makanan ini bisa jadi penyebab diabetes

Rabu, 09 Juni 2021 | 13:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 4 Makanan ini bisa jadi penyebab diabetes

ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati terhadap makanan yang sering Anda konsumsi karena bisa jadi penyebab diabetes.

KONTAN.CO.ID - Ternyata, makanan yang Anda konsumsi sehari-hari bisa jadi salah satu faktor penyebab diabetes, lo. Selain mencegah diabetes, membatasi konsumsi beberapa jenis makanan dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip dari Healthline, risiko diabetes tipe 2 meningkat hingga 70% saat Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat. Misalnya, gorengan, keripik, dan minuman bersoda.

Selain menghindari beberapa jenis makanan ini, penyakit diabetes dan jenis penyakit lain bisa Anda hindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Contohnya, rajin olahraga dan mengelola stres dengan baik.

Tidak hanya itu, berkonsultasi dengan dokter juga penting untuk dilakukan.

Minuman yang mengandung pemanis buatan

Risiko penyakit diabetes meningkat saat Anda mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis terlalu banyak. Gula yang terkandung dalam jenis minuman itu dapat meningkatkan jumlah gula darah dalam tubuh secara signifikan.

Bukan cuma itu, minuman yang mengandung banyak pemanis buatan juga dipenuhi dengan kalori. Kebiasaan mengonsumsi minuman manis dapat menambah berat badan yang mana memperparah diabetes yang bisa Anda alami.

Baca Juga: Mengontrol gula darah, ini 6 manfaat daun pepaya bagi kesehatan

Daging merah

Daging merah dan daging olah termasuk dalam makanan penyebab diabetes yang perlu Anda waspadai. Bukan tanpa alasan, jenis daging itu memiliki kandungan natrium dan nitrit yang cukup tinggi sehingga tak baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, mengonsumsi 3 ons daging merah per hari dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 19%. Alih-alih mengonsumsi daging merah, cobalah untuk mengonsumsi sumber protein yang lain. Misalnya, salmon, telur, dan jenis ikan lain yang lebih sehat.

Nasi putih

Nasi putih termasuk dalam daftar makanan penyebab diabetes yang perlu Anda waspadai.

Sadarkah Anda bahwa mengonsumsi nasi putih bisa jadi salah satu penyebab diabetes? Meski memiliki banyak vitamin dan mineral, nasi putih mudah dicerna dalam tubuh sehingga membuat jumlah gula darah dalam tubuh melonjak.

Selain nasi putih, masih banyak jenis makanan lain dengan efek yang sama. Mulai dari tepung putih, gula putih, kue, pasta, dan lain sebagainya. Tentu saja, Anda perlu membatasi konsumsi jenis makanan itu agar kesehatan tubuh tak semakin parah.

Baca Juga: Tanda awal diabetes yang sering diremehkan, kenali sejak dini

Makanan yang mengandung lemak

Supaya Anda tak mengalami penyakit diabetes, ada baiknya untuk membatasi atau benar-benar menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Makanan yang mengandung jenis lemak itu dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Saat hal itu terjadi, risiko terjadinya penyakit diabetes meningkat.

Tak hanya menghindari makanan tertentu, cara mengolah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memasak makanan menggunakan minyak zaitun.

Selanjutnya: Bisa menurunkan gula darah, ini 4 manfaat kacang hijau

Editor: Belladina Biananda
Terbaru