kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hanya 6 menit, tes Covid-19 ini bisa Anda coba di rumah


Jumat, 21 Mei 2021 / 16:46 WIB
Hanya 6 menit, tes Covid-19 ini bisa Anda coba di rumah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada pasien terinfeksi Virus Corona yang perlu dirawat di rumah sakit. Namun, tak sedikit pula yang hanya perlu melakukan isolasi mandiri karena gejala Covid-19 yang dirasakan tak terlalu parah. Supaya kondisi kesehatan tetap terkontrol, ada satu tes Covid-19 yang bisa Anda lakukan di rumah.

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), tes yang dimaksud bernama 6MWT atau 6 Minute Walk Test. Jenis tes itu akan melihat kondisi jantung dan paru-paru setelah Anda terinfeksi Virus Corona. Selain mudah dilakukan, Anda tak memerlukan banyak biaya.

Alat yang Anda butuhkan adalah oximeter atau alat yang digunakan untuk melihat saturasi oksigen dalam darah. Pertama, gunakan oximeter saat Anda tak melakukan aktivitas apa pun. Setelah itu, berjalanlah selama enam menit dengan tetap menggunakan oximeter.

Baca Juga: Meski melandai, Jokowi minta diwaspadai kasus corona gelombang kedua

Untuk pasien Covid-19 yang berusia lebih dari 60 tahun, waktu tes bisa dibagi menjadi dua bagian, masing-masing tiga menit. Catat jumlah oksigen selama dan sesudah tes itu berlangsung. Jika saturasi oksigen berada di bawah angka 93%, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi jika ada masalah kesehatan lain yang Anda alami. Misalnya, pusing atau sesak napas. Melansir Pharmeasy, cobalah untuk melakukan tes tersebut minimal dua kali dalam sehari setelah Anda terdiagnosa Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah lakukan skrining berlapis untuk cegah lonjakan kasus Covid-19

Jenis tes Covid-19 itu juga bisa Anda lakukan meski tidak terdiagnosa Covid-19, lo. Apalagi seperti yang kita tahu, tidak semua infeksi Virus Corona menunjukkan gejala. Selain melakukan tes itu, usahakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya.

Hindari tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi. Jika Anda terpaksa harus pergi ke tempat umum, selalu jaga jarak dengan orang lain. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan.

Selanjutnya: Ada Indikasi Manipulasi Data Kasus Aktif Covid-19, Hati-hati Gelombang Kedua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×