Hadapi Covid-19, obat herbal penting untuk perkuat imun

Selasa, 13 Juli 2021 | 08:25 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Hadapi Covid-19, obat herbal penting untuk perkuat imun

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi obat herbal di masa pandemi sangat dianjurkan untuk bisa memperkuat imum dalam menghadapi berbagai virus-virus ynag berkembang, termasuk Covid-19. Namun, perlu diingat bahwa obat herbal sifatnya hanya untuk mencegah bukan untuk mengobati. Kalau pun manjur mengibati hanya untuk penyakit-penyakit ringan saja.

Hal itu disampaikan oleh Prof. Magestuti Agil, Ahli Botani Farmasi dan Farmakognasi dan pengajar di Universitas Airlangga dalam webinar bertajuk Obat Herbal di Masa Pandemi Covid-19.  Dia menyebut menjaga sistem imum merupakan senjata satu-satunya yang bisa menolong di menghadapi virus baru seperti Covid-19. 

"Covid-19 ini adalah virus baru dan ganas, dokter belum mengetahui apa obatnya. Sehingga diagnosa bisa saja keliru kalau pasiennya memang sudah punya kormobid. Mereka yang divaksin saja masih kena. Jadi masalahnya adalah ada pada sistem imun dan memperkuat sistem imun bisa didapat lewat obat-obat herbal," ujarnya dalam webinar, Sabtu (10/7).

Dia menjelaskan, banyak orang berpengalama mengkonsumsi obat herbal bisa membantu menjaga kesehatan dan bisa mencegah penyakit menyembuhkan penyakit ringan. Namun, dia mengingatkan, bahwa obat herbal tidak akan berfungsi bagi mereka yang sudah punya penyakit. 

Baca Juga: 12 Cara mengobati darah tinggi tanpa obat

Jika ingin ada manfaatnya maka penyakitnya harus terlebih dulu dinormalkan dengan obat dokter. Setelah penyakitnya berkurang dan sudah tidak mengkonsumsi obat dokter lagi maka bisa mulai mengkonsumsi obat herbal untuk lebih menyehatkan dan mempekuat sistem imun. 

Menurutnya, banyak bahan-bahan herbal yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat imum dalam menghadapi mas Covid-19. Diantaranya bawang putih, jahe merah, kunyit, temulawak, sambiloto, dan lain-lain. 

"Bawang putih sudah tidak perlu lagi diragukan manfaatnya untuk mendongkrak imun disamping mengendalikan kolesterol dan gula darah. Agar manfaatnya optimal maka harus mengkonsumsi bawang putih segar, satu siung setiap hari. Kalau tidak sanggup, bisa aja memngkonsumsi yang sudah dikemas yang dijual di toko-toko tapi pastikan harus memiliki kandungan Allicin," jelasnya. 

Untuk mengkonsumsi jahe merah, cukup hanya direbus sebentar dan kemudian konsumsi air rebusan tanpa campuran apapun. Cara lainnya bisa dengan mengkombinasikan  kunyit, jahe dan temulawak. 

Magestuti menegaskan, mengkonsumsi suplemen atau obat herbal tidak akan berguna jika tidak disertai dengan gaya hidup sehat yang lain seperti menjaga waktu tidur. "Kalau begadang terus, jam tidur kurang maka jantung tidak akan bekerja baik, begitu juga dengan pernafasan sehingga sistem imun akan turun meskipun mengkonsumsi obat-obatan herbal," pungkasnya. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru