kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Habis vaksin Covid-19, ini makanan yang baik Anda konsumsi


Selasa, 31 Agustus 2021 / 14:12 WIB
Habis vaksin Covid-19, ini makanan yang baik Anda konsumsi


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Vaksinasi Covid-19 sering kali menimbulkan efek samping ringan, seperti bekas suntikan yang sakit, lengan yang pegal, atau demam. Berikut ini makanan yang baik Anda konsumsi setelah vaksin Covid-19.

Ada beberapa makanan yang ternyata bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, makanan apa yang baik dikonsumsi setelah mendapatkan vaksin Covid-19? 

Melansir dari Eating Well, dokter menganjurkan orang yang habis mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C. 

Meskipun belum ada penelitian komrehensif tentang kaitan antara makanan dan efektivitas vaksin, para ahli menyarankan, untuk mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan vitamin C. 

Vitamin C memang terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, akan membantu sistem kekebalan tbuh untuk bekerja secara baik. Dengan demikian, peradangan yang terjadi dalam tubuh pun akan teratasi.

Baca Juga: Efektif dan Anda bisa coba, 4 buah ini bisa menurunkan gula darah

Para ahli juga menekankan untuk mengurangi makanan yang bisa menyebabkan peradangan ketika akan dan setelah mendapatkan vaksin. Beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah junk food

Dibanding makanan olahan, lebih baik mengonsumsi makanan utuh, seperti kacang-kacangan, ikan, buah, dan sayur. 

Beberapa rempah yang memiliki sifat antiinflamasi juga disarankan untuk dikonsumsi, salah satunya kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan bisa ditaburkan pada makanan. 

Berbagai jenis ikan, seperti salmon, mackerel, sarden, teri, dan herring juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang merupakan antiinflamasi. 

Dokter juga menganjurkan untuk mengonsumsi air yang banyak agar tetap terhidrasi, baik sebelum maupun sesudah vaksin. 

Di samping itu, seseorang yang akan menerima vaksin sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol sehari sebelum dan sesudahnya. Sebab, alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat dehidrasi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Vaksin Covid-19"

Penulis: Galih Pangestu Jati
Editor: Galih Pangestu Jati

Selanjutnya: Ini pola makan terlarang di usia senja, umur di atas 50 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×