kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gusi Bengkak? Simak 6 Cara Menghilangkan Menggunakan Bahan Alami Ini


Senin, 28 Maret 2022 / 15:20 WIB
Gusi Bengkak? Simak 6 Cara Menghilangkan Menggunakan Bahan Alami Ini
ILUSTRASI. Gusi Bengkak? Simak 6 Cara Menghilangkan Menggunakan Bahan Alami Ini


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Gusi Anda bengkak? Hal tersebut pasti sangat mengganggu saat makan maupun aktivitas lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa cona bahan-bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan gusi bengkak.

Gusi bengkak umumnya terjadi karena adanya infeksi di gusi yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kurang bersih saat menggosok gigi, hal tersebut membuat kuman atau sisa-sisa makanan menempel di gusi yang jika biarkan akan membuat gusi terinfeksi dan bengkak.

Biasanya jika gusi mengalami pembengkakan, mungkin Anda akan menemukan darah saat menggosok gigi, mulut terasa bau atau gigi goyang. Oleh karena itu, sebelum gejala lain timbul akibat gusi bengkak segera untuk mencari obat atau memeriksa ke dokter. 

Baca Juga: TikDown Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis, Begini Cara Unduhnya

Melansir dari Pain Assist, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk bantu meredakan gusi bengkak. Bahan alami tersebut adalah: 

1. Lidah Buaya 

Cara menghilangkan gusi bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan gel atau ekstrak lidah buaya ke bagian gusi yang bengkak. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat. 

2. Air Garam 

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa air garam mampu membantu meredakan gusi bengkak. Hal tersebut dikarenakan air garam mampu mencegah infeksi pada gusi yang membengkak. 

Tidak hanya itu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. 

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil juga menjadi salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan gusi bengkak. Pasalnya, tea tree oil mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang juga mampu meredakan rasa sakit akibat gusi yang membengkak. 

Baca Juga: Tips Download Reels Instagram Bisa Lewat SnapInsta, Begini Caranya

4. Daun Jambu Biji 

Cara menghilangkan gusi bengkak lainnya adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji. Anda hanya perlu berkumur menggunakan air rebusan daun jambu biji yang dipercaya dapat meredakan pembengkakan gusi. 

5. Lemon

Anda juga bisa memanfaatkan lemon sebagai obat untuk menghilangkan gusi bengkak. Sama seperti daun jambu biji, Anda hanya tinggal berkumur menggunakan air rebusan lemon selama beberapa kali. 

6. Baking Soda 

Cara menghilangkan gusi bengkak yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan garam agar efek menjadi lebih maksimal. 

Itulah beberapa cara menghilangkan gusi bengkak dengan menggunakan bahan-bahan alami. Meski demikian, tidak ada salahnyajuga  untuk berkonsultasi ke dokter agar gusi bengkak bisa cepat teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×