Gusi belakang bengkak bisa disebabkan 3 faktor ini

Rabu, 27 Januari 2021 | 11:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gusi belakang bengkak bisa disebabkan 3 faktor ini

ILUSTRASI. Gusi belakang bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab gusi belakang bengkak yang bisa Anda alami. Salah satu faktor penyebabnya adalah pertumbuhan gigi bungsu yang tak memiliki cukup ruang. Selain bengkak, gusi juga akan terasa sakit. Anda pun mungkin kesulitan untuk mengunyah makanan.

Selain pertumbuhan gigi bungus, pembengkakan gusi disebabkan pula oleh kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan gusi bisa menyebabkan infeksi sehingga pembengkakan pun terjadi.

Gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor lain, lo. Mulai dari gingivitis, periodontitis, dan abses gigi. Anda perlu mewaspadai faktor penyebab tersebut supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Jika Anda merasakan sakit dan gejala sakit gigi lain, segera periksakan diri ke dokter.

Gingivitis

Plak terbentuk saat sisa makan yang tertinggal di sela gigi tak dibersihkan secara menyeluruh. Jika terus dibiarkan, plak dapat menyebabkan infeksi sehingga gusi belakang bengkak. Selain menyebabkan peradangan, infeksi juga menimbulkan gejala yang lain.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), gingivitis ditandai dengan gusi yang melunak dan berwarna kemerahan, gusi berdarah, hingga bau mulut yang tak sedap. Ketika gingivitis tak tertangani dengan baik, kondisi itu bisa lebih parah menjadi periodontitis.

Baca Juga: 4 Obat sakit gigi berlubang, efektif dan mudah didapat

Periodontitis

Periodontitis adalah kondisi di mana gigi merenggang dari gusi. Hal itu menyebabkan infeksi semakin mudah menyerang tulang yang menyangga gigi. Akibatnya, gigi menjadi lebih mudah lepas atau tanggal. Kondisi tersebut ditandai dengan beberapa gejala.

Mulai dari gigi yang terlihat lebih panjang karena gusi mengendur, muncul nanah antara gigi dan gusi, dan gigi menjadi goyah. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan menunda waktu konsultasi dengan dokter agar Anda bisa mendapat perawatan sesegera mungkin.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah

Abses Gigi

Gusi belakang bengkak juga bisa disebabkan oleh abses gigi. Abses gigi adalah kondisi di mana nanah muncul akibat infeksi bakteri pada gusi dan gigi. Ada dua jenis abses gigi yang perlu Anda ketahui, yaitu periapical abscesses dan periodontal abscesses.

Periapical abscesses adalah pembusukan gigi yang berpengaruh pada akar gigi. Sedangkan periodontal abscesses adalah abses yang terjadi pada gusi. Selain menyebabkan bengkak, abses gigi juga dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga leher, gigi sensitif, dan bau mulut tak sedap.

Selanjutnya: Waspada, inilah faktor yang menyebabkan gusi berdarah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru