GSI Lab sediakan tes PCR kumur dibanderol Rp 799 ribu

Kamis, 12 Agustus 2021 | 13:24 WIB   Reporter: Ramadhan Sultan
GSI Lab sediakan tes PCR kumur dibanderol Rp 799 ribu

Seorang anak melakukan tes PCR kumur di GSI Lab.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang merasa enggan melakukan swab PCR (polymerase chain reaction). Metode colok tenggorokan dan colok hidung dinilai kurang nyaman, baik untuk orang tua maupun anak-anak.

Salah satu laboratorium jejaring pemeriksa Covid-19 yakni GSI Lab sediakan tes PCR kumur. Perlu diketahui, berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan nomor 4642/2021 tentang penyelenggaraan laboratorium pemeriksaan corona virus disease 2019, GSI Lab merupakan salah satu dari 742 laboratorium yang tergabung dalam jejaring.

Melansir laman instagram @gsilab.id, Kamis (12/8), PCR kumur atau PCR Gargle merupakan metode baru untuk mendeteksi virus Covid-19 di dalam tubuh dengan cara berkumur. Dimana proses pengambilan sampel dinilai lebih nyaman dan aman karena tidak membutuhkan bantuan tenaga kesehatan.

“PCR kumur / PCR Gargle bisa menjadi solusi tepat bagi orang-orang yang menginginkan metode tes nyaman, cepat dan akurat,” terang admin instagram @gsilab.id.

Adapun proses dengan metode tes PCR kumur di antaranya pertama, Anda akan diminta berkumur dengan larutan garam (saline) untuk berkumur selama 45 detik.

Kedua, sampel air liur (saliva) dari hasil berkumur akan ditampung di tabung yang telah disediakan oleh petugas kesehatan untuk diproses lebih lanjut.

Perlu di catat, 1 jam sebelum melakukan tes PCR kumur, kalian tidak boleh melakukan hal berikut di antaranya pertama, tidak boleh makan dan minum. Kedua, tidak boleh kumur dengan cairan tertentu. Ketiga, tidak boleh sikat gigi dan keempat, tidak boleh makan permen karet.

Baca Juga: Alat test PCR kumur Bio Saliva masih dalam tahap limited release untuk penyempurnaan

Dengan menggunakan PCR kumur terdapat keunggulan yakni pertama, proses cepat dan sederhana. Kedua, nyaman, tidak perlu colok hidung/tenggorokan. Ketiga, tidak memerlukan bantuan tenaga kesehatan yang terampil.

Keempat, dapat dilakukan pada anak yang sudah bisa berkumur. “Tes ini juga dinilai aman untuk anak-anak, asalkan mereka sudah bisa berkumur,” tutup admin instagram @gsilab.id.

Sebagai informasi, tes PCR kumur di GSI Lab dikenakan tarif mulai dari Rp 799 ribu per orang (hasil tes keluar di hari yang sama, jika tes dilakukan sebelum pukul 12.30 WIB).

Lokasi GSI Lab untuk tes PCR kumur yakni; GSI Lab Cilandak (08.00-21.00), GSI Lab Sintesa Kuningan (08.00-19.00) dan GSI Lab Indy Office Park Bintaro-Gate 2 (08.00-19.00).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by GSI Lab (@gsilab.id)

 

Editor: Yudho Winarto
Tag
Terbaru