kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gigi Copot di Usia Dewasa, Catat Penyebab dan Cara Mengatasinya


Senin, 13 Maret 2023 / 18:39 WIB
Gigi Copot di Usia Dewasa, Catat Penyebab dan Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. Gigi Copot di Usia Dewasa, Catat Penyebab dan Cara Mengatasinya


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Gigi yang tiba-tiba lepas di usia dewasa dapat menjadi gejala dari suatu penyakit tertentu, sehingga perlu diatasi secara medis.

Biasanya, gigi yang akan copot juga disertai dengan beberapa gejala seperti gusi yang berdarah, bengkak, berubah kemerahan, dan resesi gusi.

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, penting untuk mengetahui beberapa penyebab gigi copot dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Mengenal Struktur Anatomi Gigi, Fungsi, serta Jenis-Jenis Gigi

Berikut adalah beberapa penyebab gigi copot yang perlu diwaspadai, seperti yang disarikan dari Medical News Today:

  1. Mengalami penyakit gusi atau periodontitis, yaitu jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya inflamasi dan infeksi pada gusi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya penumpukan plak pada gigi karena kebiasaan menyikat gigi yang kurang tepat. Plak yang menumpuk kemudian menyebabkan gusi menjauhi gigi dan menimbulkan infeksi pada celah yang muncul sehingga gigi akan mudah lepas.
  2. Sedang dalam masa kehamilan. Produksi hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan dapat berdampak pada kekuatan tulang dan jaringan di dalam mulut, termasuk jaringan periodontal yang merupakan jaringan penyangga gigi. Ibu hamil rentan mengalami peradangan pada gusi sehingga rentan mengalami gigi tanggal jika tidak diatasi dengan baik.
  3. Mengalami luka atau cedera pada gigi. Luka atau cedera pada area wajah dapat berdampak negatif pada kesehatan gigi dan jaringan di sekitarnya. Ketika kondisi ini terjadi, gigi akan rentan copot atau patah. Memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi juga akan merusak jaringan pada gigi dan membuatnya rentan untuk tanggal.
  4. Mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang, yang tidak hanya menyerang tulang belakang, panggul, dan pergelangan tangan, tetapi juga bagian tulang pada rahang yang mendukung kesehatan gigi. Kepadatan tulang rahang akan berkurang dan menyebabkan gigi untuk menjadi renggang serta mudah copot. Konsumsi obat untuk osteoporosis juga akan memengaruhi kesehatan gigi.

Baca Juga: Macam-macam jenis gigi manusia, fungsi, serta cara merawatnya

Menurut Healthline, cara mengatasi gigi lepas akan bergantung pada penyebabnya. Jika penyakit gusi adalah penyebabnya, dokter gigi biasanya akan melakukan prosedur pembersihan untuk menghilangkan plak yang mengeras dan menumpuk pada gigi serta gusi.

Infeksi yang muncul juga akan diatasi dengan pemberian antibiotik yang dibarengi dengan prosedur lainnya jika diperlukan.

Namun jika gigi sudah mengalami kerusakan yang parah dan tidak berhasil disembuhkan melalui prosedur yang lainnya, prosedur operasi untuk mencabut gigi akan dilakukan. Oleh karena itu, mengetahui penyebab gigi copot sangatlah penting agar bisa mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Penyebab Gigi Copot dan Cara Mengatasinya"
Penulis : Ria Apriani Kusumastuti
Editor : Ria Apriani Kusumastuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×