Gejala tipes dan cara mengobatinya yang bisa Anda coba

Rabu, 08 September 2021 | 08:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala tipes dan cara mengobatinya yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Sakit perut, seperti diare, merupakan salah satu gejala tipes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tipes merupakan salah satu bentuk infeksi bakteri yang bisa mengganggu kesehatan organ. Tentu saja gejala tipes perlu Anda waspadai supaya pengobatan bisa cepat Anda dapat. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa terus terjaga.

Salmonella typhi adalah nama bakteri penyebab tipes. Anda bisa tertular penyakit itu setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri. Makanya, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Jika Anda mengalami beberapa kondisi seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat pengobatan yang sesuai. Entah dari antibiotik, minum obat yang diresepkan doker, atau cara lain.

Gejala Diabetes

Mengutip dari Healthily (livehealthily.com), ada beberapa ciri-ciri tipes yang biasa dialami oleh banyak orang. Pertama, suhu tubuh Anda bisa meningkat hingga 39-40 derajat Celcius. Kedua, perut Anda bisa terasa sakit. Anda juga bisa mengalami diare atau sembelit.

Baca Juga: Sebaiknya Anda hindari, berikut 4 pantangan sakit tipes

Umumnya, demam tinggi Anda alami dalam waktu satu hingga dua minggu setelah terinfeksi tipes. Nah, jika dibiarkan, tipes bisa menyebabkan beberapa komplikasi. Keterlambatan pengobatan juga mengakibatkan proses penyembuhan berlangsung lebih lama.

Selain beberapa gejala tipes yang telah disebutkan, masih ada kondisi lain yang bisa terjadi saat Anda menderita penyakit tipes. Mulai dari sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, muncul ruam di kulit, kebingungan, tubuh mudah lelah, dan lain-lain.

Cara Mengobati Tipes

Supaya gejala tipes cepat hilang, usahakan untuk memperbanyak waktu istirahat saat sakit.

Setelah Anda mewaspadai gejala tipes, cara mengobatinya pun perlu Anda perhatikan. Healthily menyebutkan bahwa Anda bisa minum antibiotik selama tujuh hingga 14 hari supaya tipes sembuh. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara mengobati tipes lain yang sebaiknya Anda lakukan. Pertama, usahakan untuk memperbanyak waktu istirahat. Kedua, meski nafsu makan hilang, pastikan untuk makan secara teratur.

Baca Juga: Paling umum ditemui, berikut 8 gejala tipes yang harus Anda kenali

Alih-alih mengonsumsi makanan dalam porsi besar, Anda bisa membaginya menjadi porsi yang lebih kecil. Selanjutnya, jangan lupa untuk banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan, ya.

Jika tipes tak kunjung sembuh, cobalah untuk mendapat perawatan di rumah sakit. Terlebih jika muncul ciri-ciri tipes lain yang lebih parah. Contohnya, muntah terus-menerus, perut bengkak, diare parah, dan lain-lain.

Selanjutnya: Agar tidak telat diobati, ini gejala tipes yang harus Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru