kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala maag dan cara pencegahannya yang perlu Anda tahu


Senin, 02 November 2020 / 08:37 WIB
Gejala maag dan cara pencegahannya yang perlu Anda tahu
ILUSTRASI. Ada banyak cara untuk menghindari munculnya gejala maag. KONTAN/Muradi/26/06/2010


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, gejala maag muncul sebagai tanda masalah kesehatan lain. Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya maag. Mulai dari GERD, infeksi perut, pengobatan, dan pola hidup yang kurang sehat. Dengan mengetahui gejala dialami, diharap Anda bisa melakukan penanganan secara tepat dan cepat.

Penyebab Maag

Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya tanda maag. Web MD (webmd.com) mengatakan ada tiga hal utama yang membuat Anda mengalami maag, yaitu kondisi kesehatan, pengobatan, dan pola hidup.

Beberapa jenis kondisi kesehatan yang menyebabkan perut terasa sakit adalah GERD, kanker perut, iritasi usus, pankreatitis, atau kehamilan. Di sisi lain, obat yang sedang Anda minum atau jalani juga berperan terhadap kemunculan maag.

Beberapa jenis obat yang menimbulkan maag adalah pengobatan tiroid dan steroid, beberapa jenis antibiotik, aspirin, dan ibuprofen. Sedangkan contoh gaya hidup kurang sehat yang jadi penyebab maag adalah konsumsi alkohol berlebih, merokok, stres, dan terlalu banyak makan.

Baca Juga: Ini obat herbal yang efektif meredakan asam lambung Anda

Gejala Maag

Web MD mengatakan bahwa gejala maag biasanya terasa di perut tengah bagian atas. Selain terasa sakit, ada kondisi lain yang menjadi gejala maag. Mulai dari perut terasa kembung, mual, muntah, perut keroncongan, dan muncul sensasi terbakar.

Biasanya, gejala maag akan semakin terasa saat stres tak Anda kelola dengan baik. Selain itu, faktor lain juga dapat meningkatkan resiko maag. Misalnya, konsumsi alkohol berlebih, penggunaan jenis obat-obatan tertentu, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika ada gejala lain yang memperparah kondisi kesehatan Anda. Contohnya adalah muntah darah, berat badan turun secara drastis, kehilangan nafsu makan, buang air besar berwarna hitam, dan rasa sakit lain yang tak berhubungan dengan makan.

Dalam beberapa kasus yang tak sering terjadi, Web MD mengungkapkan ada gejala maag lain yang mirip dengan serangan jantung. Tanda yang dimaksud adalah berkeringat, nyeri dada, kesulitan untuk bernapas, dan rasa sakit yang menjalar menuju rahang, leher, dan pundak.

Baca Juga: 3 Cara mengobat penyakit dispepsia

Cara Mencegah Maag

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya maag. Usahakan untuk makan secara perlahan dan dalam porsi kecil agar perut tak bekerja terlalu keras. Hentikan pula kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol berlebih.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapat metode menghentikan kebiasaan merokok yang tepat dan efektid sesuai kondisi Anda. Selain itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa mencoba meditasi, membuat jurnal, atau yoga.

Selanjutnya: Ini obat herbal asam lambung yang bisa Anda buat sendiri di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×