Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Warna Kuku, Seperti Apa?

Selasa, 18 Oktober 2022 | 08:31 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Warna Kuku, Seperti Apa?

ILUSTRASI. Ada satu bagian tubuh yang bisa digunakan untuk melihat kemunculan gejala kolesterol tinggi, yakni kuku Anda.


KONTAN.CO.ID - Meski tidak semua kolesterol berbahaya, jenis kolesterol yang dijuluki 'buruk' bisa membahayakan kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk menjaga level kolesterol Anda tetap terkendali. 

Meskipun sulit untuk mengidentifikasi kolesterol karena tidak terkait dengan banyak gejala, ada satu tanda yang mungkin bisa membantu.

Melansir Express.co.uk, Monika Wassermann, Direktur Medis di Olio Lusso, mengatakan kolesterol tinggi atau LDL 'jahat' tidak memiliki gejala khusus.

"Saya tahu ini persis apa yang tidak ingin Anda dengar, tetapi ini adalah kebenarannya," jelasnya. 

Cara paling andal untuk mengetahui level Anda adalah dengan melakukan tes darah.

Meskipun demikian, Wassermann mengatakan bahwa satu tempat di mana muncul gejala tingkat kolesterol tinggi. Yakni, kuku Anda.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Sampai Mengontrol Gula Darah, Ini 7 Manfaat Pala

“Tingkat kolesterol tinggi menyebabkan penyumbatan arteri Anda. Ini masalahnya; kolesterol ekstra disimpan di arteri Anda, membentuk plak. Plak inilah yang membuat arteri menyempit, dengan endapan besar yang menghalangi mereka sepenuhnya," urainya.

Dia juga menambahkan, arteri yang sempit atau tersumbat membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh Anda, termasuk kuku.

Kondisi ini bisa menyebabkan kuku Anda tampil dengan garis-garis gelap di bagian bawahnya.

"Meskipun kolesterol tinggi disebut sebagai kondisi diam, garis-garis gelap di bawah kuku Anda adalah salah satu cara yang bagus untuk menemukannya," tambah Wassermann.

Baca Juga: Menurunkan Darah Tinggi sampai Asam Lambung, Ini Manfaat Pokak untuk Kesehatan

Tanda ini kadang-kadang juga disebut sebagai perdarahan sempalan. Medline Plus menggambarkannya sebagai garis tipis, merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku Anda.

Garis-garis ini juga biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

Nama mereka berasal dari penampilan mereka yang menyerupai serpihan di bawah kuku Anda.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru