Gejala Kolesterol Naik Berdasar Kondisi Mata & Cara Menurunkan Kolesterol Usia Muda

Selasa, 08 November 2022 | 04:50 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Gejala Kolesterol Naik Berdasar Kondisi Mata & Cara Menurunkan Kolesterol Usia Muda


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali gejala kolesterol naik ke level tinggi di usia muda. Kondisi mata bisa untuk menganalisis gejala kolesterol naik tinggi. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menurunkan kolesterol pada usia muda.

Gejala kolesterol naik tinggi bisa dikenali dari berbagai tanda. Sejak usia muda, kita perlu mengenali gejala kolesterol naik tinggi.

Pasalnya, kolesterol tinggi telah dialami banyak anak-anak muda. Memahami gejala kolesterol naik tinggi sejak usia muda bisa mempercepat untuk menurunkan ke level normal.

Cara menurunkan kolesterol tinggi harus dilakukan sejak usia muda. Pasalnya, kolesterol tinggi adalah penyebab masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Dilansir dari Kompas.com, gejala kolesterol tinggi bisa dilihat dari kondisi mata. Berikut gejala kolesterol tinggi berdasarkan kondisi mata:

Baca Juga: Cek Tanda Kolesterol Naik Bisa Dilihat pada Kaki, Simak Apa Saja

1. Arcus senilis

Gejala kolesterol naik tinggi yang pertama pada mata adalah arcus senilis. Arcus senilis adalah munculnya batas berwarna putih keabuan antara bagian hitam dengan bagian putih mata.

Semula, batas ini muncul sedikit demi sedikit, dan akhirnya berkembang hingga membentuk cincin putih keabuan di mata. Normalnya, kornea mata biasanya jernih dan membuat iris (selaput pelangi) di bawahnya terlihat.

Namun, cincin putih keabuan ini bisa membuat iris atau mata seolah-olah memiliki dua warna yang berbeda.

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), arcus senilis bukan kondisi yang berbahaya. Kondisi ini juga tak mengganggu penglihatan.

Bahkan, arcus senilis umum terjadi pada orang di usia paruh baya atau lebih, terutama keturunan Afrika dan Asia.

Kendati begitu, arcus senilis yang muncul pada usia muda atau di bawah 40 tahun, bisa menjadi pertanda tingginya kolesterol jahat dalam darah.

Sebab, seperti dalam laman Medical News Today, arcus senilis terjadi karena timbunan zat lemak atau lipid, salah satunya kolesterol, di bagian luar kornea.

2. Xanthelasma

Gejala kolesterol tinggi pada mata yang kedua adalah Xanthelasma. Kondisi ini ditandai dengan plak kekuningan di sekitar mata.

Dikutip dari laman WebMD, plak ini muncul pada sudut mata dekat dengan hidung, baik di kelopak mata atau maupun bawah.

Xanthelasma terjadi karena penumpukan kolesterol di bawah kulit. Hal ini lantaran kadar kolesterol jahat dalam darah terlampau banyak.

Namun, masalah ini bisa juga diakibatkan faktor lain, seperti:

  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik terlalu rendah
  • Pengidap penyakit liver.

Adapun kondisi ini, lebih sering terjadi pada wanita paruh baya atau lebih tua, dan para pengidap kolesterol tinggi. Xanthelasma umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa merusak penampilan. Meski begitu, xanthelasma menjadi petunjuk adanya masalah kesehatan, termasuk kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Cara menurunkan kolesterol usia muda

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda dapat dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan. Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda bisa memanfaatkan bahan alami.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda:

Teh Hijau

Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda yang pertama adalah minum teh hijau. Mengutip dari Prevention (prevention.com), katekin dalam teh hijau mampu mengurangi produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin menurunkan jumlah kolesterol, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Cokelat Hitam

Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda yang kedua adalah makan cokelat hitam. Menurut sebuah penelitian, jumlah kolesterol jahat bisa menurun setelah Anda mengonsumsi cokelat hitam dua kali sehari selama satu bulan.

Flavonoid atau salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik sehingga kesehatan Anda dapat terjaga. Jika Anda ingin mendapat manfaat itu, usahakan untuk mengonsumsi minimal 70% cokelat hitam.

Biji-Bijian Utuh

Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda yang ketiga adalah konsumsi biji-bijian utuh. Prevention mengatakan bahwa mengonsumsi 5-10 g biji-bijian utuh, seperti oatmeal, mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat. Serat yang terkandung di dalamnya akan dicerna tubuh lebih lama.

Artinya, kolesterol bisa terikat dengan darah dan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengonsumsi biji-bijian utuh setiap hari, ya. Anda bisa menambahkan makanan bergizi lain supaya kesehatan tubuh lebih terjaga.

Baca Juga: Ini makanan dan minuman yang efektif menurunkan kolesterol

Stroberi

Stroberi berguna sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda yang keempat adalah mengonsumsi stroberi. Banyaknya polifenol yang terkandung dalam stroberi mampu menurunkan kolesterol sehingga peradangan dan arteri tersumbat bisa Anda hindari.

Alpukat

Cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda yang kelima adalah makan buah alpukat. Lemak tak jenuh tunggal dan serat dalam alpukat mampu menurunkan kolesterol secara keseluruhan hingga 18 poin.

Itulah berbagai gejala kolesterol naik berdasarkan mata dan cara menurunkan kolesterol tinggi usia muda. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru