Gejala Covid-19 ini bisa berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan

Kamis, 18 Februari 2021 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala Covid-19 ini bisa berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala Covid-19 yang bisa dirasakan seseorang sangat beragam. Ada yang merasakan demam, batuk, hingga sesak napas. Bagi penderita yang tidak menunjukkan gejala apa pun selama 24 jam, biasanya infeksi akan mereda setelah 10 hari. Namun, ada satu gejala yang bisa berlangsung lebih lama.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), menurunnya kemampuan indra penciuman dan pencecap bisa berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Ciri-ciri tubuh terinfeksi Virus Corona itu dialami oleh banyak orang.

Menurut sebuah penelitian, 38.2% pasien Covid-19 kehilangan kemampuan indra pencecap. Sedangkan 41% pasien Covid-19 mengalami penurunan fungsi indra penciuman. Gejala tersebut dapat hilang setelah beberapa minggu.

Namun, dalam beberapa kasus, kemampuan indra penciuman dan indra pencecap tidak kembali setelah beberapa bulan terinfeksi Virus Corona. Melansir Best Life, 4.7% pasien Covid-19 belum sembuh dari gejala itu selama 60 hari.

Baca Juga: Ingin menghindari infeksi Virus Corona? Lakukan 4 hal ini

Hasil lain menunjukkan baha gejala Covid-19 yang sudah disebutkan belum mereda meski pasien sudah sembuh selama enam bulan. Meski sudah sembuh pun, kemampuan indra penciuman dan pencecap tidak kembali seperti semula.

Beberapa jenis makanan, seperti bawang merah, terasa lebih buruk daripada biasanya. Begitu pula dengan rasa kopi atau roti panggang yang dirasakan oleh penderita. Efek jangka panjang dari infeksi Virus Corona itu disebabkan karena virus menyerang resptor olfaktori menuju otak.

Baca Juga: Jangan sepelekan! Beda dari gejala klasik, ini 7 gejala Covid-19 baru

Supaya gejala Covid-19 itu cepat mereda, pasien disarankan untuk melatih indra penciumannya. Cobalah untuk sering menghirup aroma-aroma kuat, seperti lemon, bunga mawar, atau minyak kayu putih. Usahakan untuk mengirup aroma secara perlahan selama 10 detik supaya indra penciuman kembali normal.

Selain melatih indra penciuman, penting juga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Hindari berkerumun dengan banya orang. Jika terpaksa melakukannya, usahakan untuk tetap jaga jarak, memakai masker dengan cara yang benar, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selanjutnya: Menkes: Setelah vaksinasi, kasus Covid-19 pada tenaga kesehatan turun

Editor: Belladina Biananda
Terbaru