kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Covid-19 ini bisa Anda alami setelah divaksin


Kamis, 05 Agustus 2021 / 07:33 WIB
Gejala Covid-19 ini bisa Anda alami setelah divaksin
ILUSTRASI. Meski sudah divaksin, ada beberapa gejala Covid-19 yang bisa Anda alami. REUTERS/Florion Goga


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh Anda masih bisa terinfeksi Virus Corona meski sudah divaksin. Maka dari itu, gejala Covid-19 perlu terus Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan vaksin Covid-19, ya. Vaksin dapat memberikan perlindungan lebih pada tubuh. Saat terinfeksi pun, efek, gejala, dan risiko kematian akibat Virus Corona dapat berkurang.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), gejala Covid-19 yang dialami mereka yang sudah divaksin dan mereka yang belum divaksin cukup berbeda. Menurut sebuah penelitian, ciri-ciri Covid-19 pada orang yang sudah divaksin adalah sakit kepala, pilek, bersin, radang tenggorokan, dan anosmia.

Baca Juga: Jepang: Infeksi Covid-19 menyebar dengan kecepatan tinggi

Seperti yang telah disebutkan, gejala terinfeksi Virus Corona pada mereka yang sudah divaksin cenderung tidak terlalu parah. Artinya, kebutuhan perawatan di rumah sakit pun berkurang. Selain itu, vaksin juga bisa mengurangi risiko transmisi Virus Corona dari satu orang ke orang lain.

Melansir E Times, hal itu terjadi karena vaksin dapat melemahkan dan mengurangi jumlah virus yang menginfeksi tubuh. Dengan begitu, risiko penularan bisa lebih berkurang. Meski sudah divaksin, bukan berarti Anda bisa mengabaikan protokol kesehatan, ya.

Baca Juga: Bersiap! Sertifikat vaksin Covid-19 jadi syarat aktivitas publik di Jakarta

Selalu jaga jarak dengan orang lain dan hindari tempat umum. Biasanya, tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi ditandai dengan ventilasi udara yang buruk. Memakai masker yang sesuai dengan standar bisa jadi salah satu cara penting untuk menghindari infeksi virus.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Dengan melakukan protokol kesehatan tersebut, tubuh Anda semakin terlindungi dari infeksi Covid-19.

Selanjutnya: Kenali sebelum vaksinasi, inilah efek samping vaksin Covid-19 dan cara mengatasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×