kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Epidemiolog tekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil


Kamis, 26 Agustus 2021 / 14:09 WIB
Epidemiolog tekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil
ILUSTRASI. Epidemiolog menekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil atau bumil sudah mulai berjalan. Saat ini, bumil memang merupakan salah satu target sasaran program vaksinasi. Hal itu dilakukan guna menekan angka risiko penularan dan kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil.

Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil sangat perlu dilakukan, terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Mengingat angka kematian ibu hamil juga merupakan indikator pelayanan kesehatan suatu negara. 

"Ini pesan serius, dan dalam setiap pembangunan kesehatan, salah satu yang menjadi ukuran itu kematian ibu hamil. Kalau di satu negara kematian ibu hamilnya tinggi, buruk itu pembangunann kesehatannya," kata Dicky kepada Kontan.co.id, Kamis (26/8). 

Baca Juga: Sebelum vaksin Covid-19, ibu hamil harus penuhi 4 syarat ini! Wajib tahu

Dicky bilang, secara umum penerapan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dan masyarakat umum tidak jauh berbeda. Sehingga pelaksanaannya harus disegerakan guna memberikan proteksi kepada ibu hamil yang memang kondisinya lebih rentan terpapar virus. 

"Secara umum tidak berbeda dan bahkan pada orang yang komorbid ibu hamil harus sangat segera divaksin, karena sangat penting untuk proteksi mereka," jelasnya. 

Terkait dengan pantangan setelah melaksanakan vaksinasi juga hampir serupa dengan masyarakat umum. Ibu hamil, kata Dicky, harus tetap getol menerapkan 5M meskipun telah mendapatkan vaksinasi, terutama bagi mereka yang memiliki anak dan juga masih harus bekerja. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Kelompok masyarakat yang bisa mendapatkan vaksin Moderna dan syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×