Epidemiolog: Kebijakan Lepas Masker Idealnya Saat Vaksinasi Dosis Ketiga Capai 70%

Sabtu, 21 Mei 2022 | 04:30 WIB Sumber: Kompas.com
Epidemiolog: Kebijakan Lepas Masker Idealnya Saat Vaksinasi Dosis Ketiga Capai 70%


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, idealnya kebijakan melepas masker di area terbuka dibarengi dengan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga yang mencapai 70%. Hal itu disampaikan Dicky menanggapi kebijakan terbaru pemerintah yang mengizinkan masyarakat melepas masker di area terbuka.

"Di negara yang melakukan pelonggaran tak pakai masker di luar ruangan karena cakupan dosis ketiga di atas 70%. Indonesia kan belum," kata Dicky, Jumat (20/5).

Dia pun meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah berhati-hati dalam menyampaikan kebijakan lepas masker di area terbuka. "Penyampaian kebijakan lepas masker ini kita harus hati-hati. Terutama menarasikanya. Jangan sampai membangun euforia atau percaya diri berlebihan yang akhirnya membuat kita abai dan merugikan kita sendiri," kata Dicky.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Per 20 Mei: Vaksinasi Covid-19 Bertambah 536.241 Dosis

Dia menambahkan, sejatinya kombinasi antara penggunaan masker dan vaksinasi terbukti ampuh mengurangi angka penularan Covid-19. Karena itu, jangan sampai kebiasaan masyarakat yang sudah cukup baik dalam menggunakan masker tiba-tiba hilang.

Sebabnya, kebiasaan itu dibutuhkan jika nantinya terjadi peningkatan kasus Covid-19 atau muncul pandemi lainnya yang penularannya melalui udara. "Artinya harus disampaikan kepada publik secara tepat. Komunikasi risiko itu harus memadai untuk publik," lanjut Dicky.

Adapun sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengumumkan untuk melonggarkan aturan penggunaan masker. Jokowi mengatakan, masyarakat diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan yang tidak padat.

Baca Juga: Warga Boleh Lepas Masker di Area Terbuka, Ini Jumlah Kasus Harian Covid-19 di Jakarta

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan video pada Selasa.

Dalam pengumumannya, Jokowi juga menjelaskan siapa saja yang disarankan tetap memakai masker. "Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," ujar Jokowi.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Epidemiolog: Kebijakan Lepas Masker Idealnya Saat Vaksinasi Dosis Ketiga Capai 70 Persen.
Penulis: Rakhmat Nur Hakim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru