Enggak Bikin Gendut, Begini Cara Masak dan Konsumsi Nasi Putih

Rabu, 06 Juli 2022 | 19:22 WIB Sumber: Kompas.com
Enggak Bikin Gendut, Begini Cara Masak dan Konsumsi Nasi Putih

ILUSTRASI. Cara masak dan konsumsi nasi putih yang enggak bikin gendut.


KONTAN.CO.ID - Orang yang tengah menjaga berat badan atau diet, cenderung menghindari makan nasi putih. Tapi, ada cara masak dan konsumsi nasi putih yang enggak bikin gendut.

Mengutip NDTV, beras putih yang mengandung karbohidrat kompleks dalam takaran tinggi biasanya dihindari oleh mereka yang tengah berdiet. 

Jadi ketika seseorang tengah menjalankan program diet, menu harian pertama yang akan diganti adalah nasi putih. 

Lantas, benarkah nasi putih adalah pantangan utama ketika tengah berdiet? Apakah seseorang yang tengah menjaga berat badan benar-benar tak boleh makan nasi putih? 

Baca Juga: Diet Nasi Efektif Menurunkan Berat Badan, Begini Cara Kerjanya

Ahli nutrisi mengatakan, seseorang yang tengah menjaga berat badan atau berdiet tetap bisa mengonsumsi nasi putih, asalkan menggunakan tips tertentu.

Melansir Health Shots, Surbhi Aggarwal, ahli diet, menyebutkan, semua orang bisa aman mengonsumsi nasi putih asal tahu trik pintar dalam memasak dan mengonsumsinya. 

"Nasi putih adalah sumber energi yang bagus, dan sumber karbohidrat paling ekonomis di antara sumber karbohidrat lain. Sayang nasi putih bisa menaikkan gula darah. Meski begitu, nasi tetap pilihan tepat menu yang bebas kolesterol dan lemak," katanya.

Berikut beberapa cara konsumsi nasi putih tanpa takut bertambah berat badan, mengacu laporan NDTV

Baca Juga: Penderita Diabetes Sila Coba, Ini 5 Daun yang Terbukti Menurunkan Gula Darah

1. Gunakan aturan 1:3 

Agar nasi putih tak menambah lebar ukuran lingkar pinggang, terapkan aturan 1 banding 3. Dalam artian, makan porsi nasi lebih sedikit dibanding takaran sayur-sayuran yang ada. 

Jika nasi satu sendok, maka konsumsi lah sayuran dalam takaran 3 sendok. Hal ini akan membuat Anda kenyang tanpa menambah takaran karbohidrat terlalu berlebihan. 

2. Masak dengan minyak kelapa 

Dalam 100 gr nasi putih terkandung 130 hingga 400 kalori, tergantung dari jenis beras dan cara memasaknya. Hal ini berdasarkan data penelitian dari Departemen Pertanian Amerika Serikat. 

Jika dimasak dengan cara-cara tertentu, seperti menambahkan minyak kelapa ke dalamnya, jumlah kalori dalam nasi putih bisa berkurang secara signifikan. 

Sehingga, nasi putih tetap aman dikonsumsi untuk Anda yang tengah menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat, Anda Bisa Coba

Peneliti dari College of Chemical Science di Sri Lanka menemukan fakta, menambahkan minyak kelapa ke dalam air beras bisa mengurangi jumlah kalori nasi hingga 50%. 

Caranya, tambahkan minyak kelapa ke dalam air sebelum beras dimasukkan. Masak selama 40 menit, kemudian setelah matang masukkan nasi yang sudah jadi ke dalam kulkas sebelum dikonsumsi. 

Agar kadar kalori turun, simpan beras di lemari pendingin selama 12 jam. Panaskan kembali nasi, sebelum dikonsumsi. Jadi, waktu terbaik memasak nasi adalah di malam hari, untuk dikonsumsi di pagi dan siang di hari berikutnya. 

3. Kontrol porsi nasi 

Untuk menaati aturan 1:3, Anda bisa mengonsumsi nasi dengan meletakkannya di mangkuk kecil. Dengan begitu, Anda bisa senantiasa mengontrol porsi nasi agar tak terlalu berlebihan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Aman Makan Nasi Putih Tanpa Perlu Takut Bertambah Gendut"

Penulis: Inten Esti Pratiwi
Editor: Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru