kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektifkah pemakaian face shield dari penyebaran Covid-19? Ini cerita para analis


Rabu, 09 Desember 2020 / 09:20 WIB
Efektifkah pemakaian face shield dari penyebaran Covid-19? Ini cerita para analis


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cukup risih dan kurang nyaman, beberapa analis mengaku jarang untuk memanfaatkan face shield saat berada di luar rumah. Selain itu, efektifitas face shield sebagai penangkal atau alat pelindung dari Covid-19 juga belum jelas.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengaku hanya pernah sekali menggunakan face shield. Ini karena, penggunaan face shield membuatnya merasa kurang nyaman dan ribet. Ditambah lagi, efektivitas alat tersebut untuk menangkal virus juga masih dipertanyakan.

"Saya cuma pernah pakai sekali face shield, setelah itu nggak pernah pakai lagi. Lebih penting pakai masker untuk menutupi mulut dan hidung," ungkap Ariston kepada Kontan, Selasa (8/12).

Menurutnya, cara paling efektif untuk menangkal Covid-19 adalah dengan menjaga jarak dengan lawan bicara. Tidak lupa juga untuk menerapkan protokol lainnya secara tepat seperti menggunakan masker, serta rajin mencuci tangan.

Senada, William Hartanto Analis Panin Sekuritas hanya sesekali menggunakan face shield, khususnya saat berada di tempat ramai. Diantaranya saat dirinya ke supermarket untuk membeli keperluan. "Di luar itu, saya lebih sering untuk memakai masker saja," kata William kepada Kontan, Selasa (8/12).

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Selasa (8/12): Bertambah 5.292 kasus baru, ingat selalu 3M

Menurutnya, face shield dianggap tidak terlalu efektif dalam menangkal Covid-19. Itu karena, saat ada droplet virus kemungkinan masih akan menempel di face shield. Meskipun begitu, face shield cukup memberikan rasa lebih aman bagi para penggunanya.

Hanya saja, William menilai cukup ribet untuk menggunakan face shield saat beraktivitas di luar rumah. "Seperti pakai kacamata, cuma lensanya kebesaran. Apalagi kalau biasa pakai kacamata, mungkin akan lebih terganggu karena pakai kacamata double," paparnya.

Dia juga menambahkan, memakai face shield akan semakin tidak nyaman saat penggunanya tengah menyeruput minuman hangat, karena akan memberikan efek embun pada face shield. "Jadi repot saja kalau harus lepas pasang," tambahnya.

Selain itu, William merasa saat ini lebih penting untuk menggunakan masker secara benar dan rajin mencuci tangan. Dia juga cenderung mengurangi menyentuh barang-barang di sekitarnya saat harus berada di luar. "Kalau terpaksa pegang sesuatu, ya harus rajin cuci tangan," tandasnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×