Efektif, yuk konsumsi 6 makanan untuk radang tenggorokan ini

Rabu, 27 Januari 2021 | 12:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, yuk konsumsi 6 makanan untuk radang tenggorokan ini

ILUSTRASI. Makanan untuk radang tenggorokan perlu Anda konsumsi agar kondisi tubuh tetap terjaga.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit tenggorokan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Meski bisa sembuh sendiri, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan untuk radang tenggorokan supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan adalah kunyit. Curcumin dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi dan antioksidan sehingga peradangan bisa berkurang.

Anda bisa mencampur kunyit dalam berbagai macam hidangan yang Anda makan. Selain kunyit, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Mulai dari telur, madu, sup wortel, dan lain sebagainya.

Telur

Salah satu cara menyembuhkan sakit tenggorokan yang efektif adalah dengan mengonsumsi makanan bertekstur lembut, seperti telur orak-arik. Proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat karena telur mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Protein dan asam lemak omega-6 dalam telur mampu mengatasi inflamasi di tenggorokan Anda. Anda bisa mengonsumsi telur orak-arik bersama dengan roti atau jenis makanan bergizi lainnya.

Baca Juga: Cara mudah mengatasi amandel, bisa dilakukan rumah

Madu

Mengutip dari Food Network (foodnetwork.ca), madu adalah salah satu obat radang tenggorokan paling efektif yang bisa Anda coba. Cobalah untuk mengonsumsinya bersama segelas air hangat dan sedikit lemon. Selain lemon, Anda bisa mengganti lemon dengan jahe.

Sup Wortel

Makanan untuk radanga tenggorokan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah sup wortel. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam wortel, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium. Mengolah wortel menjadi sup jadi alternatif karena makan wortel mentah justru bisa memperparah sakit tenggorokan.

Kubis

Kubis termasuk salah satu makanan untuk radang tenggorokan.

Ada banyak antioksidan, sulfur, dan vitamin C yang terkandung dalam kubis. Nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh supaya radang tenggorokan bisa cepat hilang. Cobalah untuk makan kubis lebih banyak saat tenggorokan terasa sakit.

Baca Juga: Wow! Ini 4 manfaat berkumur air garam untuk kesehatan mulut dan tenggorokan

Oatmeal

Food Network mengatakan bahwa oatmeal termasuk dalam makanan untuk radang tenggorokan. Jenis makanan ini mengandung banyak serat, asam lemak omega-3, folat, kalium, dan nutrisi lain yang bisa mempercepat proses penyembuhan.

Es Krim

Siapa yang suka makan es krim? Ternyata jenis makanan itu bisa mengobati radang tenggorokan, lo. Sensasi dingin dari es krim mampu meredakan peradangan. Jika Anda tak ingin mengonsumsi es krim, cobalah untuk mengonsumsi yogurt beku.

Selanjutnya: Inilah gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru