Efektif meredakan asam urat, ini 7 manfaat rosella untuk kesehatan

Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:21 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Efektif meredakan asam urat, ini 7 manfaat rosella untuk kesehatan

ILUSTRASI. Rosella

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rosella, tanaman herbal yang kaya akan antioksidan. Ini sederet manfaat rosella untuk kesehatan, salah satunya menurunkan asam urat tinggi. 

Para penggemar obat herbal pasti sudah tidak asing dengan rosella. Ya, bunga rosella memang populer dalam dunia pengobatan herbal. 

Baca Juga: Bisa meningkatkan imun, ini 6 manfaat kuaci untuk kesehatan.

Asal tahu saja, rosella berasal dari benua Afrika. Di negara asalnya rosella dijadikan tanaman hias karena memiliki bunga yang cantik. 

Selain cantik, rosella juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari buku berjudul Gaya Hidup Organik, rosella mengandung vitamin C, B1, B2, D, kalisum, Omega 3, dan betakaroten. 

Mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, rosella kerap digunakan dalam pengobatan herbal.

Berikut manfaat rosella untuk kesehatan

1. Asam urat 

Asam urat muncul karena disebabkan banyak faktor salah satunya terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi. 

Kandungan dalam bunga rosella bisa membantu menurunkan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin. 

2. Darah tinggi 

Tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Kandungan kalium dan vitamin dalam rosella bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. 

3. Mengobati kanker 

Melansir dari buku berjudul Solusi Sehat, rosella mampu menghambat pertumbuhan sel kanker karena memiliki sifat detoksifikasi. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam rosella bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker. 

4. Menjaga kesehatan jantung 

Anda ingin memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari gangguan jantung? Konsumsilah rosella secara rutin mulai sekarang. 

Rosella mengandung gossy peptin dan glucoside hibiscin yang bermanfaat melancarkan peredaran darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. 

5. Menurunkan berat badan 

Melansir dari Kompas.com, bunga rosella yang diolah menjadi teh bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, hal ini masih perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan. 

6. Mengontrol gula darah 

Rosella baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Alasannya, rosella bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

7. Menurunkan kolesterol 

Kandungan dalam bunga rosella juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol tinggi. 

Bagaimana Anda tertarik mengonsumsi rosella secara rutin? 

Baca Juga: Obat herbal diabetes melitus yang bahannya mudah didapatkan

Selanjutnya: Bisa menurunkan berat badan, ini sederet manfaat cincau hitam untuk kesehatan

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru