Kecantikan & Kebugaran

Efektif, ini 5 skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Jumat, 04 Juni 2021 | 11:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, ini 5 skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

ILUSTRASI. Lidah buaya termasuk salah satu skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak pilihan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain produk-produk yang dijual di pasaran, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami, lo.

Selain menyamarkan bekas jerawat, nutrisi dalam bahan alami pun efektif menjaga kesehatan kulit.

Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Hindari memegang wajah dengan tangan kotor, apalagi sering memencet jerawat. Kebiasaan itu bisa memperparah kemunculan bekas jerawat.

Supaya kemunculan bekas jerawat bisa hilang dengan lebih cepat, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang bekas jerawat. Mulai dari kunyit, minyak kelapa, hingga lidah buaya.

Lidah buaya

Bahan alami pertama yang dapat digunakan sebagai skincare untuk menghilangkan bekas jerawat adalah lidah buaya.

Mengutip dari Swirlster, lidah buaya mengandung banyak antibakteri sehingga efektif menghilangkan bekas jerawat dan mencegah infeksi pada kulit.

Anda bisa mengambil gel lidah buaya secara langsung dari tanamannya atau menggunakan produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Aplikasikan gel lidah buaya pada bekas jerawat yang ingin dihilangkan selama semalaman.

Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut setiap malam.

Baca Juga: 5 Penghilang bekas jerawat ini terbuat dari bahan alami, lo

Kunyit

Kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas jerawat, lo. Antiinflamasi yang terkandung dalam kunyit mampu menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit Anda.

Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt air perasan lemon terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

Minyak kelapa

Bahan alami berikutnya yang direkomendasikan Swirlster sebagai skincare untuk menghilangkan bekas jerawat adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antiinflamasi dan antibakteri.

Tidak berhenti sampai di situ, minyak kelapa juga dipenuhi dengan vitamin A, antioksidan, dan vitamin K sehingga efektif mengatasi masalah kulit. Salah satunya bekas jerawat.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada bekas jerawat lalu diamkan selama semalaman.

Lemon

Salah satu bahan alami yang digunakan sebagai skincare untuk menghilangkan bekas jerawat adalah lemon.

Obat menghilangkan bekas jerawat juga bisa Anda dapat dari memanfaatkan lemon. Aplikasikan air perasan lemon pada bekas jerawat selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Vitamin C yang ada dalam bahan alami itu efektif menyamarkan bekas jerawat hitam.

Baca Juga: Inilah 4 cara alami menghilangkan bekas jerawat hitam

Kulit jeruk

Jika Anda mencari skincare penghilang bekas jerawat, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada kulit jeruk. Sama seperti lemon, kulit jeruk kaya akan vitamin C, jadi baik untuk kesehatan kulit Anda. 

Pertama-tama, campur bubuk kulit jeruk dengan madu lalu aplikasikan pada bekas jerawat selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Untuk menghindari munculnya iritasi, cobalah untuk melakukan cara tersebut tiap dua hari sekali.

Selanjutnya: Cara menghilangkan jerawat batu bisa pakai 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru