kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efek samping vaksin Covid-19 semakin parah karena hal ini


Jumat, 02 April 2021 / 11:00 WIB
Efek samping vaksin Covid-19 semakin parah karena hal ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dari hari ke hari, ada lebih banyak orang yang mendapat suntikan vaksin Covid-19. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah mendapat vaksin tersebut. Salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol.

Ada beberapa efek samping yang Anda alami setelah mendapat vaksin Virus Corona. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), salah satu efek samping yang bisa Anda rasakan adalah nyeri otot. Nah, konsumsi alkohol bisa memperparah efek samping tersebut.

Mengonsumsi alkohol setelah Anda divaksin memicu munculnya sakit kepala, mual, kelelahan, dan nyeri otot yang terasa semakin kuat. Melansir Best Life, sebaiknya kurangi atau benar-benar hindari alkohol selama 48 hingga 72 jam setelah Anda mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Hal yang sama juga berlaku di malam sebelum jadwal suntik vaksin Anda tiba. Mengonsumsi alkohol justru membuat Anda dehidrasi. Alih-alih mengonsumsi alkohol, cobalah untuk memperbanyak minum air putih. Dengan begitu, dehidrasi dan efek samping vaksin Covid-19 bisa teratasi secara optimal.

Baca Juga: Anggaran penangaan virus corona hingga vaksinasi setara biaya 4 kali pembanguan MRT

Selain mengakibatkan dehidrasi dan efek samping vaksin Virus Corona semakin parah, dikhawatirkan konsumsi alkohol menyebabkan alergi. Jadi, daripada membahayakan kondisi tubuh Anda sendiri, lebih baik hindari alkohol sementara waktu.

Meski sudah divaksin, tapi Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan, ya. Pastikan untuk memakai masker di tempat-tempat umum atau saat bertemu dengan orang lain. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh 1.5 m.

Baca Juga: Vaksinasi tembus 10 juta dosis, Indonesia masuk 4 besar dunia

Jangan lupa pula untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika Anda tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu, cobalah untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan memakai hand sanitizer.

Menjaga sistem imun tubuh pun tak boleh Anda lupakan. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Selanjutnya: Efek vaksin Covid-19 jadi lebih baik karena 4 hal ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×