kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorman Borisman Meninggal Usai Amputasi Akibat Diabetes, Ini Ciri-Ciri Awal


Rabu, 08 Mei 2024 / 06:54 WIB
Dorman Borisman Meninggal Usai Amputasi Akibat Diabetes, Ini Ciri-Ciri Awal
ILUSTRASI. Dorman Borisman Meninggal Usai Amputasi Akibat Diabetes, Ini Ciri-Ciri Awal


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Aktor senior Dorman Borisman atau Kardiman meninggal dunia pada Selasa (7/5/2024). Dorman Borisman meninggal dunia karena menderita berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Apa ciri-ciri awal diabetes? 

Diberitakan Kompas.com, aktor senior Dorman Borisman atau Kardiman meninggal dunia di rumah sakit Moch Ridwan Meuraksa Jakarta. Dorman Borisman meninggal di usianya yang ke 73 tahun.

Hal ini dibenarkan oleh rekan Kardiman, aktor senior Eddie Karsito. "Iya meninggal jam 19.00 WIB di rumah sakit dekat Taman Mini situ," ujar Eddie di daerah Taman Mini, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2024).

Eddie mengatakan, Dorman Borisman sudah beberapa kali bolak-balik ke rumah sakit selama lima tahun belakangan ini. "Abang ini sudah lima tahun terakhir keluar masuk rumah sakit. Jadi sudah beberapa rumah sakit lah. Abang ini kan pertama stroke, stroke pertama aman, stroke kedua bikin kondisinya kurang membaik lah. Ya rawat berjalan," kata Eddie.

Eddie mengatakan, Kardiman sudah komplikasi dengan beberapa sakit yang diidapnya. "Abang kan penyakitnya enggak cuma satu, ada gula, terindikasi ada anemia. Kemudian sejak September 2023 abang sulit komunikasi verbal, cuma duduk, tidur, bangun," ucap Eddie.

"Tapi masih bisa interaksi dengan gesture lah. Sejak puasa kemarin abang kondisinya makin menurun, kemudian jempol kakinya mulai bengkak dan membiru akibat gula," lanjut Eddie.

Baca Juga: Buah-Buah Segar untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi Pada Penderita Diabetes

Eddie mengatakan, Dorman Borisman sempat disarankan untuk diamputasi. Lalu, Kardiman sepekan lalu dirawat di rumah sakit. "Jadi kemudian sarankan untuk diamputasi. Kemarin sempat antara ingin operasi atau enggak. Sampai sekitar seminggu yang lalu dirawat. Baru sekitar tiga hari yang lalu dioperasi, kaki yang kanan diamputasi. Dari amputasi sampai tadi meninggal di ICU. Sampai tadi abang dinyatakan meninggal," tutur Eddie.

Sebagai informasi, Dorman Borisman dikenal dengan perannya dalam film Manusia Enam Juta Dollar bersama dengan Warkop DKI. Hampir di setiap filmnya, Dorman Borisman selalu berperan sebagai pemeran pembantu dalam film genre komedi maupun drama.

Sinetron paling fenomenal yang pernah dibintanginya adalah Saras 008 (Indosiar, 1998-2004), berperan sebagai Mas Yudhis. Ketenarannya sebagai seorang spesialis pemeran orang batak, dimulai saat Dorman Borisman dimintai untuk menjadi seorang pengisi suara disebuah judul film Kecupan Pertama pada 1970. Sejak saat itulah ia selalu terlibat didalam film remaja tersebut yang dibintangi oleh Rano Karno, seperti pada judul Anak-Anak Buangan dan Binalnya Anak Muda.

Ciri-ciri awal diabetes

Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang banyak terjadi di Indonesia. Pola makan tinggi gula menjadi salah satu penyebab diabetes.

Penyakit diabetes sering kali berujung kematian. Hal ini karena pasien diabetes terlambat mengobatinya. 

Pasien diabetes berobat ke rumah sakit sudah dalam kondisi parah. Wajar saja, karena banyak orang tidak menyadari ciri-ciri awal diabetes.

Diberitakan Kompas.com, berikut ciri-ciri awa diabetes yang harus diwaspadai:

Untuk antisipasi, berikut gejala atau ciri-ciri diabetes tahap awal yang seringkali tak disadari:

1. Sering mengalami infeksi saluran kemih atau jamur

Ciri-ciri diabetes awal yang pertama adalah sering infeksi saluran kemih. Ketika gula darah tinggi dan ginjal tidak dapat menyaringnya dengan cukup baik, gula akan berakhir di urin. Penumpukan gula di lingkungan yang hangat dan lembab dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan jamur, terutama pada wanita.

2. Berat badan turun drastis

Ciri-ciri diabetes awal yang kedua adalah berat badan turun drastis. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) secara efektif untuk energi. Sebaliknya, tubuh Anda akan mulai membakar simpanan lemak, dan Anda mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga.

3. Penglihatan bermasalah

Ciri-ciri diabetes awal yang ketiga adalah gangguan penglihatan. Kadar gula yang tinggi dapat mendistorsi lensa di mata Anda, memperburuk penglihatan Anda. Penambahan minus pada mata terkadang bisa jadi tanda diabetes.

4. Perubahan warna kulit

Ciri-ciri diabetes awal yang keempat adalah perubahan warna kulit. Salah satu tanda awal diabetes adalah perubahan warna kulit di bagian belakang leher. Kondisi ini disebut dengan acanthosis nigricans, dimana warna kulit area leher berubah menjadi gelap. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya resistensi, yaitu kondisi saat insulin kehilangan sensitivitas sehingga kemampuan mengatur glukosa berkurang.

5. Sering buang air kecil

Ciri-ciri diabetes awal yang kelima adalah sering buang air kecil. Harus pergi ke kamar mandi lebih dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda bahwa gula darah Anda mungkin rusak. Pantalone mengatakan salah satu pasiennya datang untuk diagnosis setelah seorang anggota keluarga memperhatikan bahwa dia sering ke kamar mandi setiap jeda iklan ketika mereka menonton TV.

Itulah informasi aktor Dorman Borisman atau Kardiman meninggal dunia serta ciri-ciri penyakit diabetes yang dialaminya. Segera hubungi dokter jika merasakan gejala atau ciri-ciri diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×