kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorce Meninggal. Banyak Korban Covid-19 Punya Komorbid Diabetes


Rabu, 16 Februari 2022 / 14:55 WIB
Dorce Meninggal. Banyak Korban Covid-19 Punya Komorbid Diabetes
ILUSTRASI. Dorce Meninggal. Banyak Korban Covid-19 Punya Komorbid Diabetes


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Dorce Gamalam meninggal di usia 58 tahun karena Covid-19. Dorce sakit Covid-19 dengan komorbid diabetes. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, pasien Covid-19 dengan komorbid diabetes banyak yang meninggal dunia.

Dilansir dari Kompas.com, Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pertamina Simprug, Rabu (16/2/2022). Jenazah Dorce Gamalama pun langsung dibungkus dengan plastik sesuai protokol penanganan jenazah penderita Covid-19.

"Di rumah sakit Covid-19 di Simprug karena memang sakit Covid-19 jadi enggak bisa dibawa pulang, langsung dikemas di rumah sakit jadi enggak bisa ngelihat," kata sahabat Dorce, Hetty Soendjaya, saat dihubungi awak media.

Saat ini, Hetty Soendjaya dan pihak keluarga Dorce Gamalama pun belum bisa memastikan di mana proses pemakaman akan berlangsung. Pasalnya, proses pemakaman Dorce Gamalama harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. "Enggak tahu, belum tahu nanti pihak rumah sakit yang nentuin di mananya. Tolong sampein kepada teman-teman maafin Bunda ya selama ini atas dosanya," kata Hetty.

Baca Juga: Kasus Covid-19 15 Februari 2022 Tertinggi, Cek Gejala Omicron yang Sering Diabaikan

Sebelum Dorce Gamalama meninggal, presenter berusia 58 tahun itu juga pernah mendapat perawatan pada 24 Oktober 2021 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Namun, saat itu kondisi Dorce Gamalama berangsur membaik dan menjalani rawat jalan.

Kondisi kesehatan Dorce Gamalama sempat menurun pada Oktober 2021 karena diabetes. Dorce Gamalama tidak bisa berjalan sehingga harus mengenakan kursi roda.

Selain itu, Dorce Gamalama juga didiagnosis menderita alzheimer. Penyakit itu membuat ingatan Dorce Gamalama terganggu.

Ucapannya juga kerap melantur. Sejak sakit, sejumlah rekan artis silih berganti menjenguk Dorce Gamalama. Meski sakit, Dorce Gamalama memiliki semangat untuk sembut yang cukup tinggi. Bahkan Dorce Gamalama sempat syuting video musik.

Covid-19 dengan komorbid rawan meninggal

Catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pasien Covid-19 dengan komorbid banyak yang meninggal dunia. Hingga Minggu (13/2), Kemenkes mencatat sudah ada 1.090 pasien meninggal di masa varian Omicron mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia. Dari 1.090 pasien yang meninggal diketahui 68% di antaranya belum divaksinasi lengkap.

"Dari data 1.090 pasien Covid-19 yang meninggal hingga minggu (13/2), 68% di antaranya belum divaksinasi lengkap, 76% usianya lebih dari 45 tahun, 49% masuk golongan lanjut usia, dan 48% memiliki komorbid,"  ujar Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes.

Kemenkes mendata pasien Covid-19 dengan komorbid yang meninggal kebanyakan berasal dari diabetes melitus. Selain itu, 15% pasien Covid-19 dengan komorbid yang meninggal memiliki lebih dari 1 penyakit bawaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×